Ini Dia 7 Penyebab Aki Mobil Tekor, Nomor 7 Bisa Berbahaya

Ini Dia 7 Penyebab Aki Mobil Tekor, Nomor 7 Bisa Berbahaya

Penyebab aki mobil tekor -Pinterest -

3. Mobil terlalu lama tidak digunakan

Mobil yang terlalu lama tidak dipergunakan juga dapat membuat aki mobil tekor. Hal ini terjadi karena sirkulasi listrik pada aki tidak terjaga dengan baik.

Untuk menghindari masalah ini, maka sebaiknya Anda tetap memanaskan mobil meskipun mobil tidak dipergunakan.

Saat mesin mobil menyala, maka mesin akan memberikan tenaga listrik ke alternator untuk mengisi ulang daya pada aki. Dengan cara ini, masalah aki tekor menjadi bisa lebih diminimalisir.

4. Usia aki mobil yang sudah tua

Aki mobil mampu bertahan rata-rata antara 2 hingga 5 tahun. Aki menggunakan bahan kimia yang dapat bereaksi untuk menyimpan dan menghasilkan daya listrik.

Nah, bahan kimia tersebut lambat laun juga akan mengalami penurunan kualitas atau bahkan mengalami kadaluarsa. 

Oleh karena itu, saat aki sudah digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama atau lebih dari 5 tahun maka besar kemungkinan jika kualitasnya akan menurun.

Kondisi tersebut tentu akan membuat aki menjadi tekor karena komponen-komponen di dalamnya sudah tidak dapat berfungsi secara optimal.

BACA JUGA:Tips Cara Membersihkan Interior Plafon Mobil dengan Tepat

5. Kelalaian pengguna

Kelalaian dalam mengoperasikan aksesoris atau fitur kelistrikan mobil juga akan membuat aki tekor. Sebagai contoh, lupa tidak mematikan lampu saat mobil tidak digunakan, menyalakan perangkat audio dan AC dalam kondisi mesin mati, dan lain-lain. 

Sebaiknya Anda menghindari kebiasaan buruk tersebut karena arus listrik aki akan secara terus-menerus tersedot sehingga aki menjadi tekor.

6. Sistem pengisian aki rusak

Penyebab lain yang sering membuat aki mobil tekor adalah karena sistem pengisian aki yang sudah rusak. Sistem pengisian atau charging system memiliki fungsi sebagai sistem untuk mengisi ulang daya listrik di aki selama mesin mobil menyala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: