Ini Dia 5 Obat Alami Ampuh Atasi Diare

Ini Dia 5 Obat Alami Ampuh Atasi Diare

Cara mengatasi diare dengan obat alami -Pinterest -

3. Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk mengatasi diare. Hal ini karena jahe memiliki sifat antibakteri yang dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab diare, salah satunya E. coli.

Tidak hanya itu, jahe juga mampu mengurangi keluhan diare, seperti perut kembung, mual, dan muntah. Guna memperoleh manfaat jahe sebagai obat diare alami, Anda bisa mengonsumsinya sebagai teh atau minuman jahe yang hangat.

4. Teh chamomile

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh chamomile dapat dikonsumsi sebagai obat diare alami. Hal ini karena kandungan zat antiradang dan antibakteri di dalam chamomile dapat meredakan peradangan di dinding saluran pencernaan yang merupakan salah satu penyebab terjadinya diare.

Teh chamomile umumnya aman untuk dikonsumsi. Namun, pada kasus yang sangat jarang terjadi, teh chamomile dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti lidah dan tenggorokan yang terasa gatal, bibir bengkak, atau bahkan reaksi anafilaksis.

BACA JUGA:Memelihara Tulang dan Persendian, Inilah 7 Manfaat Sumsum Tulang Sapi Untuk Kesehatan

5. Pisang

Pada umumnya, penderita diare disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi serat, seperti sayur dan buah-buahan, agar dapat mengistirahatkan pergerakan usus. Namun, terdapat beberapa buah tertentu yang justru baik dikonsumsi selama diare, salah satunya adalah pisang.

Pasalnya, buah ini mengandung banyak senyawa pektin dan serat yang mampu menyerap banyak cairan dalam usus. Oleh karena itu, konsumsi pisang selama mengalami diare dapat membantu mencegah kram perut dan membuat tekstur feses menjadi lebih padat.

Itulah obat dengan bahan alami yang dapat mengatasi diare dengan efektif. Selain menggunakan beberapa obat diare alami di atas, Anda juga dianjurkan untuk menghindari konsumsi alkohol dan kafein, sayuran yang mengandung gas tinggi, seperti brokoli atau kol, dan makanan yang pedas serta mengandung banyak lemak, agar diare cepat sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: