Simak 5 Cara Mengawetkan Daging Tanpa Kulkas Supaya Awet Jelang Idul Adha

Simak 5 Cara Mengawetkan Daging Tanpa Kulkas Supaya Awet Jelang Idul Adha

Cara mengawetkan daging dengan cara tradisional-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menjelang hari raya Idul Adha, sering kali kita mendapatkan daging kurban yang berlebih. Oleh karena itu, salah satu cara yang tepat agar daging lebih tahan lama adalah mengawetkannya. 

Mengawetkan daging merupakan solusi bagi kamu yang tidak mempunyai mesin pendingin seperti kulkas. Nah, bagi kamu yang tidak punya kulkas, pengawetan daging dengan cara lama atau tradisional bisa ditempuh. 

Selain hemat energi, mengawetkan daging dengan cara lama juga menambahkan cita rasa unik yang khas. Penasarankan bagaimana cara mengawetkan daging dengan cara tradisional? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan berikut ini. 

1. Daging Asap

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengawetkan daging adalah mengolahnya menjadi daging asap. Pengasapan bukan hanya soal memasak, tapi juga mengawetkan. 

Daging yang biasanya akan diasapi akan digantung di atas asap kayu bakar, menghasilkan lapisan pelindung yang menjaga daging dari bakteri sekaligus menambahkan cita rasa asap yang lezat.

BACA JUGA:Termasuk Camilan Sehat! Kuaci Kaya Nutrisi yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Orang timur tepatnyadi wilayah di Nusa Tenggara Timur menguasai teknik pengawetan ini, hingga terkenal akan Sei Sapi nya. Sei sendiri memiliki arti daging yang dipotong tipis.

2. Masukkan ke dalam Kendi dan Garam

Cara mengawetkan daging selanjutnya yang bisa kamu coba adalah mengawetkan daging dengan memasukkannya ke dalam kendi dan dilapisi dengan garam.

Mengasinkan daging dengan merendamnya dalam garam di dalam barel dan kendi merupakan metode pengawetan kuno yang sekarang sudah ditinggalkan. Garam menarik kelembapan dari daging, mengurangi risiko bakteri yang dapat membusukkannya.

Ada rasa asam yang khas ketika daging diawetkan dengan metode ini. Namun cara ini sudah dianggap ketinggalan zaman.

BACA JUGA:Kamu Penggemar Daging? Ini Dia Perbedaan Sirloin dan Tenderloin

3. Dendeng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: