Bawaslu Kota Bengkulu Dorong Partisipasi Mahasiswa Awasi Pemilu 2024

Bawaslu Kota Bengkulu Dorong Partisipasi Mahasiswa Awasi Pemilu 2024

Bawaslu Kota Bengkulu Dorong Partisipasi Mahasiswa Awasi Pemilu 2024-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam upaya mengedukasi serta mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024, Bawaslu Kota Bengkulu mengadakan sosialisasi kepada para mahasiswa dengan mengusung tema "Peran dan Fungsi BEM dan OKP dalam Pengawasan Pemilu", Rabu 29 Mei 2024.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kota Bengkulu, Leka Yunita, menegaskan bahwa tujuan utama dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa. Agar memahami tentang proses pengawasan jalannya Pilkada 2024

Leka menekankan pentingnya partisipasi mahasiswa dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) karena jumlah petugas Bawaslu yang terbatas. 

Dibutuhkan mata dan telinga lain selain Bawaslu untuk bersinergi mengawal kelancaran Pilkada dari tindakan kecurangan. 

BACA JUGA:Didukung Mayoritas Anggota dan Pemerintah, Sultan, Ratu dan Yoris Mantap Satukan Visi Maju Pimpin DPD RI

“Partisipasi mahasiswa dan OKP sangat penting, mengingat jumlah petugas Bawaslu yang terbatas. Kami membutuhkan mata dan telinga tambahan untuk bersinergi mengawal kelancaran Pilkada dan mencegah tindak kecurangan,” ujarnya. 

Leka menambahkan bahwa melalui sosialisasi ini, generasi muda dapat memahami peran-peran pengawasan, tindakan yang bisa dilakukan ketika ada pelanggaran, serta mengenali bentuk-bentuk pelanggaran. 

Bawaslu berharap mahasiswa dapat berperan aktif memberikan dukungan berupa informasi atau melaporkan dugaan pelanggaran Pemilu. 

“Kami berharap teman-teman pemuda dan BEM bisa turut menjadi pengawas partisipatif, sehingga mereka paham peran pengawasan dan tindakan yang dapat diambil saat menemukan pelanggaran, serta bentuk-bentuk pelanggaran apa saja yang mungkin terjadi,” tambahnya. 

BACA JUGA:Siap Bertarung di Pilgub Bengkulu 2024, Meriani Kembalikan Berkas ke Parpol

Dalam penjelasannya, Leka Yunita juga menegaskan. Dengan melibatkan mahasiswa dan seluruh elemen masyarakat Bawaslu Kota Bengkulu berharap proses demokrasi dalam Pilkada 2024 dapat berjalan dengan jujur, adil, dan transparan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: