Kenali 5 Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan Tubuh

Kenali 5 Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan Tubuh

Kacang kapri (Pisum sativum L.) atau yang disebut juga kacang ercis adalah jenis kacang yang termasuk dalam keluarga polong-polongan-Pinterest -

Dengan mengonsumsi kacang kapri, kesehatan jantung Anda juga dapat meningkat. Hal ini berkat kandungan kalium dan magnesium dalam kacang kapri yang mampu menurunkan tekanan darah. 

Selain itu, kandungan tersebut dapat membantu mengurangi oksidasi dan peradangan serta mencegah pembentukan plak di sepanjang dinding pembuluh darah.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah 7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Tak hanya itu, kapri memiliki kandungan magnesium, potasium, dan mineral lainnya. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kondisi tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab utama penyakit jantung. 

3. Mengontrol berat badan

Kacang kapri mengandung protein dan serat yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan protein dan serat dalam kacang kapri bekerja bersama untuk memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.

Mengonsumsi sejumlah protein dan serat yang cukup dapat mengurangi jumlah kalori yang dimakan sepanjang hari, sambil menjaga nafsu makan terkendali.

Oleh karena itu, kacang kapri dapat diberikan sebagai makanan untuk anak yang mengalami berat badan berlebih. Dengan begitu, mengonsumsi kacang ini dapat membantu menjaga berat badan lebih terkontrol dan mendukung program diet Anda.

BACA JUGA:Jarang Dikonsumsi, Ternyata Inilah 8 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan

4. Melancarkan saluran cerna

Serat yang terkandung dalam kacang kapri mampu melunakkan sekaligus meningkatkan massa tinja. Kacang kapri memiliki serat tidak larut yang dapat membuat makanan jadi mudah dicerna.

Selain itu, serat juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus sehingga kesehatan saluran cerna akan tetap terjaga. Bakteri baik dalam usus menggunakan serat sebagai sumber makanan. Dengan begitu, buang air besar menjadi lancar dan mencegah Anda mengalami sembelit. 

5. Menjaga kesehatan mata

Kesehatan mata Anda juga dapat terjaga jika rutin mengonsumsi kacang kapri. Pasalnya, jenis kacang ini mengandung lutein dan zeaxanthin. Keduanya adalah senyawa antioksidan yang dapat melindungi mata.

Dengan rutin mengonsumsi kacang kapri, Anda tentu akan terhindar dari berbagai gangguan penglihatan, seperti katarak, glaukoma, atau degenerasi makula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: