Ketahui 6 Ciri Burnout Pada Pekerjaan

Ketahui 6 Ciri Burnout Pada Pekerjaan

Ilustrasi - Ciri-ciri seseorang mengalami burnout -Pinterest -

Hal ini dapat mengakibatkan kesulitan berkonsentrasi, perasaan tidak kompeten, serta timbulnya kebencian terhadap pekerjaan yang dilakukan, yang pada akhirnya mempengaruhi performa kerja.

3. Mudah emosional 

Seseorang yang mengalami burnout cenderung mudah tersinggung dan marah, terutama jika segala sesuatunya tidak sesuai dengan harapan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beban kerja yang berlebihan dan terus bertambah, serta merasa tidak mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 

Perasaan mudah marah ini seringkali dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Mengingat beban kerja yang banyak adalah hal yang harus dihadapi setiap harinya.

BACA JUGA:Inilah Segudang Manfaat Biji dan Buah Mahoni

4. Menarik Diri dari Lingkungan Sosial

Menarik diri dari lingkungan sosial bisa menjadi salah satu ciri seseorag mengalami burnout. Perasaan stres dan frustasi yang dialami oleh seseorang yang merasa burnout dapat membuatnya menarik diri dari interaksi sosial dengan orang-orang di sekitarnya. Mereka juga cenderung merasa tidak ingin bersosialisasi dengan rekan kerja, teman, atau keluarga.

5. Merasa Tidak Berharga

mengalami masalah sulit dilingkungan pekerjaan dapat memicu perasaan yang tidak menentu, salah satunya memiliki pemikiran merasa tidak berharga. Perasaan tidak berharga atau tidak berguna yang sering muncul juga menjadi ciri-ciri burnout yang sering kali tidak disadari. 

Hal ini biasanya akan memicu penurunan produktivitas dan kinerja. Untuk itu, jangan menyepelekan apa yang sedang kamu rasakan. Kamu bisa menceritakan kepenatan yang kamu alami kepada orang yang kamu percaya dan jangan memendam perasaan itu sendirian. 

BACA JUGA:Ini Dia Kelebihan Mengolah Masakan Rumah dengan Minyak Zaitun

6. Rentan terhadap Penyakit

Stres yang dialami saat burnout dapat memicu diri kita rentan tehadap suatu penyakit. Burnout yang berkepanjangan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat individu rentan terhadap berbagai penyakit fisik seperti flu, sakit perut, dan masalah tidur seperti insomnia. 

Selain itu, burnout juga dapat berisiko menyebabkan gangguan kesehatan mental seperti depresi dan gangguan cemas. Jika kamu mengalami ciri-ciri tersebut, bisa jadi kamu sedang mengalami burnout, loh.

Itulah ciri seseorang mengalami burnout, Burnout yang tidak teratasi dengan baik dapat berdampak buruk terhadap kesehatan fisik dan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: