Ketahui 6 Ciri Burnout Pada Pekerjaan

Ketahui 6 Ciri Burnout Pada Pekerjaan

Ilustrasi - Ciri-ciri seseorang mengalami burnout -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Burnout menjadi salah satu permasalahan para perkerja yang di mana kondisi tersebut sulit dijelaskan, karena ini bukan termasuk kondisi medis. 

Dikutip dari laman Cove.id yang mengutip pandangan Susan M. Wilson, peneliti dari American Psychological Association (APA), burnout merupakan kondisi kelelahan fisik, emosional atau mental, yang disertai dengan penurunan motivasi, kinerja, dan sikap negatif terhadap diri sendiri dan orang lain. 

Untuk itu, setiap orang wajib tau cara mengatasi burnout ini. Seringkali banyak orang tidak menyadari dia sedang mengalami burnout karena setiap orang memiliki gejala yang berbeda-beda. 

Misalnya merasa terus kelelahan dan lambat dalam bekerja, stres dan cepat marah atau frustasi dengan pekerjaan, hingga merasa pekerjaan sederhana sulit untuk dilakukan.

Nah, banyak orang yang masih bingung bagaimana ciri-ciri jika sedang mengalami burnout saat bekerja. Untuk mengetahui ciri-cirinya, yuk baca artikel ini sampai habis. 

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Air Lemon Hangat di Pagi Hari

Burnout adalah keadaan fisik, emosional, dan mental yang muncul ketika seseorang mengalami stres kronis yang berlebihan dalam pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. 

Orang yang mengalami burnout biasanya merasa sangat kelelahan, kehilangan motivasi, dan merasa putus asa dalam menjalani tugas-tugas mereka. Ciri-ciri burnout seringkali dianggap sepele dan tidak disadari banyak orang. 

Misalnya seperti perasaan kelelahan dan stres yang berkepanjangan saat menjalani aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa ciri umum dari burnout:

1. Kehilangan Semangat dan Minat Berktivitas

Ciri-ciri burnout yang pertama adalah hilangnya minat dan semangat untuk melakukan aktivitas rutin. Sebagian orang yang mengalami burnout akan memaksa diri untuk terus melakukan kegiatan dalam waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan.

BACA JUGA:Selain Enak dan Lezat, Ikan Tuna Kaya Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

2. Membenci Pekerjaan

Ciri-ciri lain yang dapat dilihat dari seseorang yang sering mengalami burnout adalah sering mengatakan benci akan pekerjaan yang ia jalani. Burnout dapat menyebabkan perasaan stres dan frustasi yang berkelanjutan terhadap pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: