Simak Cara Sederhana Mengetahui Mobil yang Dipasang GPS atau Tidak

Simak Cara Sederhana Mengetahui Mobil yang Dipasang GPS atau Tidak

Salah satu cara manual yang bisa dilakukan untuk mengecek keberadaan GPS tersembunyi adalah dengan memeriksa bagian eksterior mobil.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mengetahui mobil yang dipassang GPS atau tidak, Ada beberapa cara untuk mengetahuinya. Oleh karena itu, simak artikel ini untuk mendapatkan informasi yang kamu inginkan. 

Adanya GPS tentu membuat kendaraan menjadi lebih aman. Pengemudi dapat melacak kendaraannya jika hilang. Namun untuk pembelian mobil bekas, pastinya calon pemilik mobil tidak tahu apakah kendaraan dipasang alat pelacak atau tidak. 

Jika masih terpasang GPS dan pemilik selanjutnya tidak diberitahu, tentu akan melanggar privasi. Berikut ini beberapa cara mengetahui mobil yang dipasang GPS atau tidak.

BACA JUGA:Perlu Diperhatikan, Simak Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

1. Memeriksa Bagian Eksterior Mobil

Salah satu cara manual yang bisa dilakukan untuk mengecek keberadaan GPS tersembunyi adalah dengan memeriksa bagian eksterior mobil. Periksalah bagian roda mobil, bumper, hingga atap mobil. Pastikan tidak ada komponen yang mencurigakan atau kabel yang terhubung.

Selain itu, periksa juga bagian bawah mobil. Bagian bawah memiliki banyak juntaian kabel, sehingga harus berhati-hati saat mengecek bagian tersebut. Apabila terdapat kotak yang mencurigakan, carilah objek yang dipasangi antena atau selotip.

2. Menggunakan GPS Jammer

GPS Jammer merupakan sebuah alat yang digunakan sebagai pelacak sinyal GPS. Untuk menggunakannya, letakkan GPS jammer di dalam kabin mobil, lalu diamkan selama 5 menit. 

Apabila muncul sinyal GPS yang dipancarkan oleh sistem, maka terdapat alat pelacak pada kendaraan. GPS jammer digunakan untuk menghilangkan sinyal, jadi perlu hati-hati dalam menggunakan alat ini.

BACA JUGA:Mengapa Radiator Mobil Harus Dikuras? Begini Alasan dan Cara Menguras Radiator Mobil dengan Benar

3. Gunakan GPS Detector

Selain menggunakan GPS jammer, alat yang bisa digunakan untuk mengetahui mobil terpasang GPS tau tidak adalah dengan GPS detector. Alat ini berfungsi untuk menangkap dan menemukan sinyal dari GSM atau GPS.

Tidak hanya sebagai alat pendeteksi GPS, GPS detector juga bisa digunakan untuk memantau keberadaan CCTV atau kamera tersembunyi. Meskipun demikian, GPS detector hanya bisa menemukan alat, namun tidak bisa merusak sinyalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: