Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 5 Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan

Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 5 Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan

Asparagus yang memiliki nama ilmiah Asparagus officinalis memang cukup asing bagi sebagian besar orang karena agak sulit Anda temukan di pasar.-Pinterest -

Sementara kandungan serat larutnya bisa menjadi makanan untuk bakteri baik dalam usus, yakni Bifidobacteria dan Lactobacillus. Itu sebabnya, menambahkan asparagus ke dalam menu makanan sehari-hari, merupakan cara terbaik guna membantu memenuhi kebutuhan serat dan menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

BACA JUGA:Ingin Rezeki Mengalir Deras Setiap Hari, Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS Berikut Ini

3. Membantu menjaga dan menurunkan berat badan

Salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda coba yakni dengan makan asparagus. Asparagus mengandung kalori dalam jumlah yang rendah.

Selain itu, kandungan serat pada asparagus tidak hanya bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan, tapi juga berefek menjaga dan menurunkan berat badan. Serat membantu Anda kenyang lebih lama sehingga bisa menekan keinginan untuk ngemil atau mengonsumsi makanan tidak sehat.

4. Mencegah Penuaan 

Salah satu manfaat terpenting dari mengonsumsi asparagus adalah dapat mencegah kita dari penuaan dini. Karena asparagus kaya akan antioksidan. 

Jika Anda ingin mendapatkan produksi antioksidan yang optimal, sebaiknya makan asparagus bersama dengan sayur dan buah lainnya demi mengoptimalkan jumlah antioksidan dalam tubuh.

Asparagus memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang tinggi, seperti vitamin E, vitamin C, glutathione, serta berbagai flavonoid dan polifenol. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek bahaya radikal bebas dan stres oksidatif.

BACA JUGA:Agar Rezeki Mengalir Deras, Amalkan 3 Doa Rasulullah SAW di Pagi Berikut Ini

5. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Salah satu manfaat asparagus yang tidak banyak diketahui sebagian orang adalah. Manfaat asparagus lainnya yang tidak kalah penting adalah untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan. 

Asparagus kaya akan kandungan vitamin B9 atau asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil dan bayi, terutama pada trimester awal kehamilan. Asupan folat yang memadai pada masa ini, akan membantu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah dan DNA. 

Selain itu, folat juga berperan penting untuk melindungi buah hati Anda dari cacat tabung saraf (spina bifida) yang bisa dengan mudah mengakibatkan berbagai komplikasi kemudian hari.

Asparagus digadang-gadang sebagai sayur yang tinggi kandungan vitamin K, yang berperan aktif dalam pembekuan darah sekaligus menjaga kesehatan tulang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: