Kaya akan Manfaat, Inilah Manfaat Beras Merah Bagi untuk Kesehatan Tubuh

Kaya akan Manfaat, Inilah Manfaat Beras Merah Bagi untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan-Pinterest -

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi beras merah secara rutin bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Hal ini menjadikan beras merah baik dikonsumsi untuk mencegah obesitas.

2. Melancarkan pencernaan

Selain dapat mengontrol berat badan, beras merah tinggi akan kandungan serat dan karbohidrat kompleks. Kandungan tersebut dapat melancarkan pencernaan dan menjaga bakteri baik di usus. Bahkan, jika dikonsumsi secara rutin, beras merah juga bisa mencegah sembelit.

BACA JUGA:Tidak Percaya Diri Kulit Ketiak Hitam, Berikut Cara Memutihkannya Secara Alami

3. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat selanjutnya yang tidak kalah penting adalah beras merah dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal Ini karena beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada beras putih. 

Oleh karena itu, mengonsumsi beras merah tidak meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain mengontrol kadar gula darah, mengonsumsi beras merah secara rutin juga baik untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

4. Mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskuler

Beras merah tidak hanya kaya akan serat, tetapi juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya, seperti antioksidan, magnesium, dan zat lignan.

Seluruh kandungan nutrisi tersebut berperan dalam mencegah penumpukan kolesterol jahat di dalam darah, mengontrol tekanan darah, serta mencegah penyumbatan di pembuluh darah.

Oleh karena itu, beras merah baik dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler).

BACA JUGA:Makanan Terbaik untuk Lambung, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep dengan Bahan Utama Labu Kuning

5. Mengurangi risiko terkena kanker

Manfaat beras merah yang terakhir adalah mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Kandungan antioksidan di dalam beras merah, seperti fenolat dan flavonoid, berperan dalam melindungi sel tubuh dari stres oksidatif yang menjadi pemicu berbagai penyakit kanker, termasuk kanker usus besar.

Itulah manfaat beras merah untuk kesehatan. Untuk memaksimalkan manfaat beras merah, Anda juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti banyak mengonsumsi buah dan sayur, rutin berolahraga, berhenti merokok, dan membatasi minuman beralkohol. Semoga bermanfaat, ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: