Apa Itu Bonsai Kelapa? Simak Penjelasan dan Cara Membuatnya

Apa Itu Bonsai Kelapa? Simak Penjelasan dan Cara Membuatnya

Bonsai kelapa merupakan pengerdilan tanaman secara sengaja dengan tujuan seni yang sudah ada sejak jaman Cina kuno-Pinterest -

2. Pemilihan Bibit

Langkah terpenting selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memilih bibit. Kriteria bibit yang bisa digunakan adalah berasal dari buah kelapa yang tua. Bibit buah harus dipetik langsung dari pohon dan bukan jatuh dari pohonnya. Sebaiknya pilih buah kelapa yang memiliki banyak akar dan berbatok kecil.

3. Penempatan Posisi Batok Kelapa

Tunas kelapa biasanya muncul pada minggu ke 2 atau ke 3. Penempatan bibit juga harus diperhatikan, sebab bibit vertikal akan menghasilkan batok dikelilingi akar. Sedangkan bibit yang diletakkan secara horizontal akan tumbuh seperti keong.

BACA JUGA:Inilah Penyebab Kulit Kepala Kering dan Cara Mengatasinya

4. Bersihkan Sabut Kelapa

Setelah tunas kelapa tumbuh, maka sabut kelapa harus dibersihkan. Pembersihkan bisa dilakukan dengan mengupas batok kelapa. Sayatan sebaiknya dilakukan secara membujur mengitari batok. Berhati-hatilah saat melakukan penyayatan agar tidak mengganggu tunas baru yang tumbuh.

5. Bersihkan Bulu Halus Pada Batok

Jika sabut sudah dibersihkan, maka kita lanjutkan dengan membersihkan bulu halus pada batok kelapa. Gunakanlah bisa tajam hingga bersih, kemudian haluskan menggunakan amplas.

6. Penanaman Pada Media Tanam

Langkah pertama adalah menyiapkan media tanam bonsai kelapa. Kita bisa menggunakan pot yang diisi dengan campuran tanah, air, pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. Siapkan botol bekas air mineral untuk menutup tunas baru yang akan muncul.

Potong bagian atas botol tersebut sekitar 5 cm. Penanaman harus dilakukan secara hati-hati agar akar tunas tidak rusak. Letakkan batok kelapa pada posos miring.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Minum Air Dingin untuk Tubuh

7. Pembentukan Bonsai Kelapa

Ketika bibit bonsai telah tumbuh sekitar 15 sampai 20 cm, lakukan penyayatan pada bagian bawah agar tidak membusuk. Penyayatan bisa dilakukan selama 3 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: