Ini Dia 10 Jenis Kunci Bengkel yang Harus Kamu Ketahui

Ini Dia 10 Jenis Kunci Bengkel yang Harus Kamu Ketahui

Kunci bengkel adalah alat yang digunakan untuk memasang dan melepaskan baut, mur, sekrup, dan komponen lainnya-Pinterest -

Dengan alat ini, Anda bisa memasang dan melepas pipa atau komponen berbentuk silinder lainnya secara lebih mudah.

BACA JUGA:Simak Tips Ampuh Supaya Suspensi Tidak Mudah Rusak

6. Kunci busi

Kunci busi adalah jenis kunci bengkel yang khusus digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan busi pada mesin kendaraan. 

Busi sendiri merupakan komponen penting dalam sistem pembakaran mesin yang menghasilkan percikan listrik untuk menghidupkan campuran udara dan bahan bakar dalam ruang bakar.

Kunci busi dirancang dengan kepala khusus yang sesuai dengan bentuk dan ukuran busi. Kepala ini biasanya berbentuk tabung dengan bagian dalam bergerigi agar dapat memegang busi dengan aman dan mencegah slip saat digunakan.

7. Kunci roda palang

Kunci roda palang berfungsi untuk mengencangkan atau mengendurkan baut roda pada kendaraan. Jenis kunci bengkel ini  memiliki bentuk seperti huruf X dengan lengan yang panjang. 

Setiap lengan tersebut dilengkapi kepala berbentuk cincin atau soket yang sesuai dengan ukuran baut roda kendaraan tertentu. Pada umumnya, kunci ini akan Anda butuhkan saat memberikan perawatan dan penggantian roda kendaraan.

BACA JUGA:Pesaing Alphard Ini Dia Fitur Menarik MG Maxus 9, MPV Listrik Pertama di Indonesia

8. Kunci L atau allen

Kunci L atau kunci allen merupakan jenis kunci yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan baut atau mur dengan kepala heksagonal berlubang. 

Kunci ini memiliki bentuk seperti huruf L, dengan satu ujung datar dan satu ujung berbentuk heksagonal atau segi enam. Jenis kunci bengkel ini juga tersedia dalam ukuran yang beragam mulai dari 2 mm hingga 22 mm.

9. Kunci nepel

Secara sekilas kunci nepel terlihat serupa dengan kunci pas. Namun saat diperhatikan dengan lebih seksama, kunci nepel terlihat lebih tebal dari kunci pas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: