Ini Dia 10 Jenis Kunci Bengkel yang Harus Kamu Ketahui

Ini Dia 10 Jenis Kunci Bengkel yang Harus Kamu Ketahui

Kunci bengkel adalah alat yang digunakan untuk memasang dan melepaskan baut, mur, sekrup, dan komponen lainnya-Pinterest -

BACA JUGA: Lakukan Penyegaran Toyota Hadirkan New Hilux Double Cabin, Simak Spesifikasinya

3. Kunci ring

Kunci ring adalah salah satu jenis kunci bengkel yang biasa digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan baut dan mur dengan kepala ring.

Kunci ini terdiri dari pegangan yang panjang dengan kepala berbentuk cincin pada salah satu atau kedua ujungnya.

Kepala ring didesain dengan bentuk yang sesuai dengan baut atau mur yang akan digunakan. Dengan adanya ring tersebut, maka kunci bisa mengencangkan dan mengendurkan baut/mur dengan baik serta lebih minim terjadi risiko slip saat digunakan.

Selain itu, bagian gagangnya yang lebih panjang daripada kunci pas bisa memberikan gaya tuas yang lebih besar.

BACA JUGA:Tidak Perlu Repot ke Bengkel, Ini Dia Cara Mengatasi Karet Wiper Mobil yang Keras

4. Kunci ring pas

Sesuai namanya, kunci ini merupakan kombinasi antara kunci ring dan kunci pas. Kunci ring pas ini memiliki dua bentuk ujung yang berbeda.

Jadi, satu ujung memiliki bentuk cincin seperti yang terdapat pada kunci ring, sedangkan ujung lainnya berbentuk seperti huruf "U" di kunci pas.

Hal ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar saat Anda melakukan pekerjaan perbaikan atau perawatan. Terkait fungsinya, jenis kunci bengkel ini juga digunakan untuk mengencangkan dan melepas baut atau mur.

5. Kunci pipa

Kunci pipa adalah alat yang digunakan untuk memasang dan melepaskan pipa atau komponen lain berbentuk silinder, seperti pipa, fitting pipa, atau komponen lain yang memiliki permukaan serupa. 

Selain itu, kunci pipa juga dapat digunakan untuk melepas mur pada shock yang sulit dijangkau oleh kunci pas.

Kunci pipa ini memiliki rahang yang bergerigi serta dapat disesuaikan untuk menggenggam dan memberikan cengkaman yang kuat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: