Pemilik Mobil Wajib Punya Kunci Ring, Ini Fungsinya

Pemilik Mobil Wajib Punya Kunci Ring, Ini Fungsinya

Kunci ring-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kunci ring menjadi salah satu jenis kunci yang sebaiknya selalu tersedia di dalam kendaraan. 

Pemilik kendaraan harus memiliki ring wrench atau kunci ring atau juga akrab disebut kunci pas ini.

Sebab, cukup banyak part pada kendaraan yang menggunakan hand tools jenis ini untuk membuka atau mengencangkannya.

Kunci ring merupakan sebuah alat yang terbuat dari logam kuat seperti besi atau baja yang pada kedua ujungnya berbentuk lingkaran. 

Pada bagian dalam lingkaran tersebut berbentuk segi enam (heksagonal) atau lebih, dengan diameter beragam yang disesuaikan dengan ukuran baut atau mur pada sebuah kendaraan.

BACA JUGA:Mau AC Mobil Awet, Jangan Lakukan Hal Ini

Selain memiliki perbedaan pada ukuran diameter dalam lingkaran, sudut yang terdapat pada bagian pemutaran kunci ring ini juga berbeda.

Setidaknya terdapat 3 jenis ukuran sudut yang terdapat pada kunci ring, yakni 60 derajat, 30 derajat, dan juga yang paling kecil 15 derajat. Semakin besar sudutnya, maka ruang yang diperlukan juga semakin besar.

Masih banyak yang mengira jika kunci ring dan kunci pas ini sama, padahal terdapat perbedaan yang cukup mencolok diantara keduanya. Jika kunci ring memiliki ujung berupa lingkaran, maka kunci pas ini memiliki ujung berbentuk seperti huruf ‘U’.

Di pasaran, banyak kunci ring yang dikombinasikan dengan kunci pas untuk mempermudah mekanik atau pemilik kendaraan pada saat ingin membuka atau memasang mur dan baut.

BACA JUGA:Jangan Asal Modifikasi Motor, Perhatikan Dulu 7 Hal Ini

Kunci pas hanya memerlukan sedikit ruang untuk membuka atau mengencangkan bagian kendaraan jika dibandingkan dengan kebanyakan kunci ring.

Fungsi Kunci ring

Sejatinya, kunci ring ini hanya bisa bekerja pada mur, baut, atau part kendaraan dengan bentuk segi enam atau heksagonal saja. Namun, justru baut, mur, atau part dengan model inilah yang cukup banyak terdapat pada kendaraan yang membuat kunci ring sering digunakan. Berikut ini, mari kita simak, fungsi dari kunci ring :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: