Ini Dia 10 Jenis Kunci Bengkel yang Harus Kamu Ketahui

Ini Dia 10 Jenis Kunci Bengkel yang Harus Kamu Ketahui

Kunci bengkel adalah alat yang digunakan untuk memasang dan melepaskan baut, mur, sekrup, dan komponen lainnya-Pinterest -

BENGKULUESPRRESS.COM - Dalam dunia perbengkelan salah satu komponen yang penting adalah kunci bengkel. kunci bengkel adalah alat yang digunakan untuk memasang dan melepaskan baut, mur, sekrup, dan komponen lainnya.

Perkakas ini biasanya tersedia dalam berbagai ukuran dan terbuat dari baja yang dikeraskan sehingga tidak mudah aus. Ada beragam macam jenis kunci bengkel yang memiliki fungsinya masing-masing. 

Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis kunci bengkel yang biasanya digunakan para mekanik saat memeriksa bagian motor dengan menggunakan kunci bengkel, simak artikel berikut. 

Meskipun namanya kunci bengkel, kunci ini tidak hanya digunakan di bengkel saja. Kunci ini juga menjadi perkakas yang sering dibutuhkan ketika pemasangan furniture, perbaikan peralatan rumah tangga, proyek DIY, dan lain-lain.

BACA JUGA:Bisa Pakai Minyak Kayu Putih, Begini Cara Menghitamkan Motor Kusam Serta Cara Mengaplikasikannya

Nah, jika Anda ingin melengkapi perkakas bengkel, berikut ini kami sajikan penjelasan mengenai macam-macam kunci bengkel dan fungsinya. Dengan demikian, Anda bisa membeli jenis kunci yang paling Anda butuhkan.

Macam-macam Kunci Bengkel

1. Kunci inggris

Saat Anda ingin memasang atau melepas mur dan baut namun tidak menemukan kunci dengan ukuran yang pas, maka kunci inggris ini bisa Anda andalkan.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan memutar sekrup pengatur untuk menyesuaikan ukuran rahang kunci menjadi lebih sempit atau lebih lebar. 

Setelah itu, Anda bisa mempergunakannya pada mur dan baut yang ingin dilepas atau dipasang.

2. Kunci pas

Kunci pas adalah jenis kunci bengkel yang  umum digunakan untuk mengencangkan dan mengendurkan baut atau mur.

Bentuk ujung kunci ini menyerupai huruf "U" dengan ukuran yang beragam. Anda bisa menemukan kunci pas dengan ukuran 6 mm hingga 36 mm. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: