Pelajar Kota Bengkulu Bersaing Jadi Anggota Paskibraka, Seleksi Hingga Tingkat Nasional

Pelajar Kota Bengkulu Bersaing Jadi Anggota Paskibraka, Seleksi Hingga Tingkat Nasional

Dari 303 peserta itu terdiri dari 160 putri dan 143 putra. Siswa tersebut berasal dari seluruh SMA/SMK/MA dan sederajat yang ada di Kota Bengkulu.-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kota Bengkulu resmi membuka kegiatan seleksi bagi para calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024, di pendopo merah putih, Kelurahan Pekan Sabtu, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu. 

303 perserta ikuti Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Bengkulu Tahun 2024.

Dari 303 peserta itu terdiri dari 160 putri dan 143 putra. Siswa tersebut berasal dari seluruh SMA/SMK/MA dan sederajat yang ada di Kota Bengkulu.

Pelaksanaan Tugas Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Fenny mengatakan kegiatan hari merupakan seleksi calon paskibraka untuk tingkat Kota, Provinsi dan Nasional. Para peserta adalah pelajar kelas 10 atau kelas 1 SMA.

BACA JUGA:Pengunaan Jasa Layanan Perbankan Bank Bengkulu, Pj Walikota Keluarkan SE Terbaru

Fenny menjelaskan adapun untuk kuota anggota Paskibraka yang dibutuhkan untuk bertugas di tingkat Kota Bengkulu, sebanyak 30 orang. 

Sedangkan di tingkat Provinsi 10 orang dan di tingkat nasional akan diseleksi kembali oleh Provinsi Bengkulu 

"Adapun seleki ini untuk menyaring dan memilih anggota Paskibraka yang memiliki kemampuan dan kecakapan untuk melaksanakan tugas Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih pada Upacara HUT-RI ke 79 tahun 2024 di Kota Bengkulu," ungkapnya. 

Fenny mengimbau kepada peserta supaya menjaga kondisi kesehatan, siapkan mental untuk mengikuti tahapan-tahapan seleksi selanjutnya di antaranya Test Kesehatan dan Parade, Seleksi PBB, Seleksi Kesamaptaan dan Seleksi Kepribadian.

BACA JUGA:Hari Bumi, Mahasiswa dan Aktivis Lingkungan Gelar Aksi Unjuk Rasa di Sekretariat DPRD Provinsi Bengkulu

Seleksi ini juga bertujuan untuk menyaring dan memilih calon anggota Paskibraka dari Kota Bengkulu yang akan mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat Provinsi dan Nasional. 

Seleksi Paskibraka dilakukan secara berjenjang, sesuai arahan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Menurut dia, ada perbedaan pada tahap seleksi tahun ini.

“Di tahun ini, setelah dinyatakan lolos tahapan administrasi, para peserta terlebih dahulu akan mengikuti Tes Wawasan Kebangasaan (TWK) melalui sistem CAT (Computer Assisted Test). Selanjutnya akan mengikuti tahapan selanjutnya, seperti tes fisik dan sebagainya,” jelasnya.

Pada tahap akhir akan dipilih melalui sistem perangkingan 30 orang (15 pasang putra dan putri) yang akan bertugas di Pemkot Bengkulu dan 10 orang (5 pasang) akan bertugas di Pemprov Bengkulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: