Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Daun kemangi memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan-Pinterest -

Daun kemangi juga mengandung zat yang dapat mengurangi risiko penyakit lambung seperti magh dan asam lambung. Hal ini disebabkan kemangi berpotensi mempercepat penyembuhan luka. 

Selain itu, daun ini berkhasiat meningkatkan lapisan lendir pelindung lambung dan menghambat keluarnya cairan asam lambung.

Oleh karena itu, iritasi lambung hingga risiko mengalami tukak pun berkurang. Lagi-lagi, penelitian yang menguji manfaat ini baru dilakukan pada tikus sehingga membutuhkan pembuktian lebih lanjut. 

3. Mengurangi bau mulut

Memiliki aroma yang khas tak heran jika daun kemangi dapat membantu menghilangkan bau mulut. Kandungan eugenol membantu melawan mikroorganisme penyebab bau mulut, seperti Staphylococcus aureus, Klebsiella, dan Escherichia coli.

Selain itu, kandungan saponin, flavonoid, triterpenoid, dan tanin bisa menghilangkan bakteri di permukaan gigi dan air liur. Karena manfaat ini, daun kemangi juga bisa mengurangi plak dan radang gusi.

BACA JUGA:Selesai Menstruasi Tapi Keluar Darah Lagi? Ini Penjelasannya!

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun kemangi mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubu. Pasalnya daun kemangi mengandung beberapa zat gizi yang penting untuk menjaga fungsi dan pertumbuhan sel-sel imun. 

Vitamin C merangsang sel-sel darah putih agar bisa menghentikan sumber infeksi dan membunuh kuman. Kecukupan zat besi juga meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi. .

5. Mengurangi risiko kanker

Tak banyak yang tau jika daun kemangi yang dikonsumsi teratur dapat membantu mengurangi risiko pembentukan dan pertumbuhan tumor dan kanker hati.

Kandungan flavonoid apigenin bersifat anti-radikal bebas sehingga bisa mencegah terjadinya kerusakan sel-sel tubuh. 

Radikal bebas di dalam tubuh dapat menyebabkan membran dan jaringan sel rusak. Kondisi ini akan meningkatkan berbagai risiko penyakit degeneratif, salah satunya kanker. 

Namun, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi manfaat daun kemangi sebagai agen antitumor dan antikanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: