Begini Cara Mengeringkan Baju dengan Cepat saat Musim Hujan

Begini Cara Mengeringkan Baju dengan Cepat saat Musim Hujan

Faktor utama baju sulit kering adalah kurangnya paparan panas dari sinar matahari atau mesin. --

BENGKULUEKSPRESS.COM- Memasuki musim penghujan, salah satu permasalahan yang sering muncul adalah kesulitan menjemur baju. Baju cenderung sering berbau tidak sedap (apek) karena udara lembab dan kurang sinar matahari. Alternatif yang biasa ditempuh adalah menggunakan jasa laundry. Namun, tentunya jasa tersebut membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan pekerjaannya karena banyak tumpukan pakaian dari klien lain.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui 8 cara mengeringkan baju dengan cepat saat musim hujan yang bisa dilakukan di rumah. Bagaimana caranya? Mari simak artikel berikut ini untuk informasi lebih lengkapnya! Berikut ada beberapa cara mengeringkan baju dengan cepat yang bisa Anda lakukan:

BACA JUGA:Kapankah Al Qur'an Turun, Saat Lailatul Qadar atau Malam 17 Ramadhan, Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

1. Gunakan Mesin Pengering
Model mesin cuci sekarang ini umumnya sudah dilengkapi dengan mesin pengering. Nah, Anda bisa manfaatkan mesin tersebut untuk bantu proses pengeringan pakaian. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa mesin pengering dari mesin cuci tidak mengeringkan pakaian secara penuh. Anda tetap harus menjemurnya di luar agar kering maksimal.Jika Anda tidak ingin repot-repot menjemur di luar, Anda bisa membeli mesin pengering seperti yang biasa digunakan di tempat laundry. Dengan begitu, Anda dapat langsung menggunakan pakaian setelah dicuci.

2. Hindari Menjemur di Ruangan Lembab
Faktor utama baju sulit kering adalah kurangnya paparan panas dari sinar matahari atau mesin. Terlebih lagi saat musim hujan di mana hawa atau atmosfer lingkungan akan lebih lembab dari biasanya.  Maka dari itu, utamakan ketika akan menjemur, ada ventilasi guna menghindari udara terperangkap di dalam ruangan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan penutup ruangan yang tembus pandang agar tetap mendapat paparan sinar matahari. Apabila tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan produk serap air yang berfungsi untuk menyerap kelembaban dalam ruangan.

BACA JUGA:Kapan Waktu Terbaik Membayar Zakaf Fitrah, Ustaz Adi Hidayat Pesan Ini

3. Pakai Gantungan (Hanger) untuk Menjemur
Jika Anda tidak punya mesin cuci atau pengering, langkah berikut ini bisa jadi alternatif untuk mengeringkan baju dengan cepat tanpa mesin cuci. Poin utama yang harus diperhatikan saat menjemur adalah seluruh bagian harus kering secara sempurna. Mengapa demikian?

Apabila masih ada bagian yang basah atau lembab, bagian tersebut akan membuat seluruh baju menjadi basah dan bahkan tidak bisa digunakan. Selain itu, langkah ini juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan bau apek pada baju karena baju kering merata seluruhnya.

Tidak hanya pakaian saja, Anda juga bisa menggunakan hanger untuk menjemur celana, pakaian dalam, handuk, dan sebagainya. Jika Anda ingin proses pengeringan lebih cepat, Anda bisa menggunakan kipas angin yang diletakkan di dekat tali atau tiang jemuran.

4. Keringkan dengan Uap
Opsi lainnya untuk cara mengeringkan baju dengan cepat tanpa sinar matahari yang bisa diterapkan adalah mengeringkan pakaian dengan uap. Bagaimana caranya?  Sekarang ini, sudah banyak teknologi uap yang bisa Anda manfaatkan, seperti setrika uap. Setrika uap bisa jadi alternatif karena tidak langsung mengenai baju. Jadi, baju pun tidak akan mudah rusak.

BACA JUGA:Performa Oke Buat Main Game, Ini Spesifikasi dan Harga HP Tecno POVA 4

5. Kelompokkan Pakaian saat Menjemur
Setiap jenis kain atau pakaian tidak akan bisa kering sekaligus walaupun dijemur bersamaan. Misalnya, celana jeans akan lebih lama kering dibandingkan celana bahan karena tekstur kainnya yang berat dan padat. Maka dari itu, Anda perlu mengelompokkan pakaian sesuai jenisnya agar tidak memengaruhi pakaian lainnya. Contohnya, di satu sisi tiang jemuran, Anda bisa menjemur khusus untuk celana bahan. Di sisi lainnya, Anda bisa menjemur celana jeans, pakaian dalam, kaos, dan sebagainya. Mengapa harus demikian? Pasalnya, bahan yang mudah kering bisa kembali basah atau lembab jika diletakkan di sebelah bahan yang sulit/lama keringnya. Jadi, harus diperhatikan kembali, ya!

6. Jemur di Tempat Terbuka
Menjemur di tempat terbuka tentu akan mempercepat proses pengeringan karena mendapat udara yang cukup. Jadi, walaupun sedang musim hujan, Anda bisa mencari kesempatan ketika cuaca sedang cukup baik untuk menjemur di luar.

7. Hindari Menjemur Pakaian Terlalu Banyak
Semakin banyak pakaian yang dijemur, berarti semakin rapat jarak antar pakaiannya. Jarak yang sempit tersebut akan menghambat sirkulasi udara dan panas yang menyebabkan baju sulit kering. Anda dapat menjemur pakaian sesuai kebutuhan harian sehingga tidak menumpuk dalam 1 hari.

BACA JUGA:Performa Mumpuni Disuguhkan Helio G85, HP Tecno POVA Neo 2 Hanya Rp 1 Jutaan

8. Pakai Gantungan Portable
Saat musim hujan, terkadang cuaca cerah tidak bisa diprediksi kapan akan tiba. Jadi, ketika terlihat ada sinar matahari, umumnya Anda pasti akan memanfaatkannya untuk menjemur pakaian, bukan? Kendati demikian, cuaca cerah tersebut bisa dengan cepat berubah menjadi hujan deras yang membuat baju sukar kering. Oleh karena itu, penting untuk memiliki gantungan atau tali jemuran portable yang bisa dipindahkan dengan mudah.

Jadi, ketika tiba-tiba hujan, Anda bisa langsung memasukkan pakaian ke dalam rumah tanpa harus takut basah kuyup terkena hujan. Cukup efektif, bukan?

Tips Agar Baju Tidak Bau saat Musim Hujan
Udara lembab membuat bau sulit kering dan menjadi berbau tidak sedap. Nah, agar pakaian Anda tetap wangi, ikuti beberapa tips yang bisa dilakukan berikut ini:

1. Jangan Merendam Baju Terlalu Lama
Semakin lama merendam pakaian bukan berarti pakaian akan semakin bersih atau wangi. Bahkan, justru kebalikannya!Apabila Anda memperhatikan petunjuk pemakaian di balik kemasan deterjen atau pewangi, umumnya disarankan untuk merendam pakaian selama minimal 15 menit hingga maksimal 30 menit. Jika lebih dari waktu tersebut, pakaian berpotensi menjadi bau apek dan lebih sulit untuk dikeringkan.

BACA JUGA:Doa untuk Anak & Diri Sendiri, Ustaz Abdul Somad: Amalkan Setiap Hari

Selain itu, selama proses merendam baju, pastikan Anda menggunakan deterjen yang tepat, ya! Ada beragam jenis deterjen yang bisa digunakan, seperti deterjen cair, deterjen bubuk, deterjen plus pewangi dan pelembut, dan masih banyak lagi.

Salah satu rekomendasi deterjen cair yang bisa dipakai adalah Rinso Anti Noda. Produk ini terkenal akan efektivitasnya dalam menangkal noda membandel dan kotoran dari baju Anda. Terlebih bagi Anda yang memiliki anak-anak yang masih aktif beraktivitas di luar ruangan yang penuh noda.

2. Rutin Membersihkan Mesin Cuci
Siapa sangka ternyata mesin cuci juga bisa kotor dan menyebabkan pakaian menjadi bau? Kotoran, noda, dan bakteri dari pakaian yang dicuci akan mengumpul menjadi satu dan menyebabkan kinerja mesin menjadi kurang maksimal. Alhasil, kotoran-kotoran tersebut akan menodai pakaian yang baru akan dicuci. Maka dari itu, pastikan Anda membersihkan mesin cuci secara rutin, terlebih pada bagian penyaring (filter).

3. Segera Angkat Pakaian Ketika Sudah Kering
Baju yang dijemur terlalu lama di luar justru tidak disarankan. Walau memang baju akan kering merata tanpa ada basah, sinar matahari atau pengering lainnya justru akan menimbulkan bau tidak sedap lainnya. Jadi, pastikan Anda langsung mengangkat baju ketika sudah kering, ya!

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Mengkonsumsi Beras Organik bagi Kesehatan

4. Gunakan Pewangi Pakaian
Terakhir, tentunya Anda harus menggunakan pewangi pakaian untuk menghindari bau tidak sedap. Sekarang ini, sudah banyak produk pewangi yang menyediakan beragam aroma, mulai dari floral, minyak wangi mewah, hingga buah-buahan. Salah satu rekomendasi pewangi yang tahan lama dan bisa menghilangkan bau apek adalah Downy Fabric Liquid Floral Pink. Produk yang khas dengan aroma bunga ini bisa menambahkan kesan natural dan segar.

Itulah 8 cara mengeringkan baju dengan cepat saat musim hujan yang bisa Anda mulai coba dari sekarang. Ikuti juga beberapa tips agar baju tidak bau apek karena udara lembab sehingga Anda bisa beraktivitas seperti biasa dengan nyaman.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: