Kapan Waktu Terbaik Membayar Zakaf Fitrah, Ustaz Adi Hidayat Pesan Ini

Kapan Waktu Terbaik Membayar Zakaf Fitrah, Ustaz Adi Hidayat Pesan Ini

Ustaz Adi Hidayat jelaskan waktu terbaik untuk membayar zakat fitrah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Setelah waktu Maghrib menjelang berakhirnya bulan Ramadan, semua umat Muslim diwajibkan untuk membayar zakat fitrah.

Zakat fitrah adalah sumbangan yang diberikan dengan niat tulus, ikhlas, dan hati yang bersih, sesuai dengan yang dinyatakan oleh Ustaz Adi Hidayat dalam salah satu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Audio Dakwah.

BACA JUGA:Raih Malam Lailatul Qadar dengan 2 Amalan Ini, Ustaz Adi Hidayat: Bonus Dosa Diampuni

BACA JUGA:Cara Meraih Malam Lailatul Qadar di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat: Perbanyak Ini

Waktu yang paling sesuai untuk membayar zakat adalah setelah menunaikan salat Subuh dan sebelum khatib memulai salat Idul Fitri.

Tujuan memberikan zakat fitrah kepada orang yang berhak adalah untuk memastikan bahwa semua orang memiliki cukup untuk makanan pada hari raya.

Meskipun waktu yang terbaik telah ditentukan, penting bagi seseorang untuk tidak menunda-nunda dalam membayar zakat, karena keterlambatan tersebut dapat mengganggu kebutuhan orang-orang yang berhak menerima zakat.

"Karena panitia zakat itu bukan orang suruhan atau pekerja, tetapi orang yang justru memudahkan seseorang menunaikan kewajibannya," kata Ustaz Adi Hidayat.

Selayaknya umat Muslim mengucapkan terima kasih kepada petugas penerima zakat yang membantu dalam proses penyaluran zakat.

Dalam tradisi, makanan yang pertama kali dinikmati setelah melaksanakan salat Idul Fitri disebut sebagai Fitrun.

Oleh karena itu, dalam evolusinya, istilah pemberian kebutuhan makanan pada hari raya ini dikenal dengan istilah Zakat Fitri.

Transformasi dari zakat Fitri  menjadi zakat fitrah disebabkan oleh perubahan yang dipopulerkan oleh sahabat Ibnu Abbas RA.

BACA JUGA:Berapa Takaran Beras untuk Zakat Fitrah? Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Agar Ibadah Maksimal di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Ikuti Tips dari Ustaz Adi Hidayat Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: