Berapa Takaran Beras untuk Zakat Fitrah? Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Berapa Takaran Beras untuk Zakat Fitrah? Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat jelaskan takaran beras untuk zakat fitrah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ustaz Adi Hidayat menjelaskan tentang jumlah yang harus dikeluarkan sebagai zakat fitrah bagi umat Islam pada akhir bulan Ramadhan.

Menurut penjelasan beliau, zakat fitrah yang wajib dikeluarkan adalah sebesar satu sho' berdasarkan hadits shahih, yang kemudian diubah menjadi beras sesuai dengan makanan pokok di Indonesia.

Ustadz Adi Hidayat menegaskan bahwa tujuan zakat fitrah, sebagaimana yang disampaikan dalam hadits Nabi SAW, adalah untuk membersihkan dan menyucikan diri selama menjalankan ibadah puasa.

BACA JUGA:Agar Ibadah Maksimal di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Ikuti Tips dari Ustaz Adi Hidayat Berikut

BACA JUGA:Agar Doa Cepat Dikabulkan di Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Rahasianya

Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa selama 30 hari atau satu bulan, dan kemudian merayakan Hari Raya Idul Fitri sebagai penutup bulan suci tersebut.

Selain menjalankan puasa, umat Muslim juga diwajibkan membayar zakat fitrah bagi mereka yang memenuhi syarat tertentu.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa istilah "zakat fitri" atau "zakat fitrah" merujuk pada bentuk zakat yang diberikan pada waktu tersebut.

Hal tersebut seperti yang dijelaskan dalam Hadist Ibnu Umar berikut

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi setiap muslim yang merdeka maupun budak, laki-laki maupun perempuan, anak kecil maupun dewasa. Zakat tersebut diperintahkan untuk dikeluarkan sebelum orang-orang keluar untuk melaksanakan shalat Id," (HR Bukhari dan Muslim).

Terkait dengan takaran zakat fitrah sendiri pernah dijelaskan Ustaz Adi Hidayat dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Adi Hidayat Official.

"Sho' itu batas ukurannya empat mud, satu mud adalah kira-kira ukuran standar tangan orang dewasa sebagaimana menengadah dalam keadaan berdoa, lalu dituang kurma atau gandum ke tangan itu," ungkap Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Setelah Pertengahan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Ingatkan Ini

BACA JUGA:Agar Doa di Bulan Ramadhan Terkabul, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Pakai Kalimat Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: