Ini Dia Manfaat Mengkonsumsi Beras Organik bagi Kesehatan

Ini Dia Manfaat Mengkonsumsi Beras Organik bagi Kesehatan

beras organik ditanam berdasarkan prinsip ramah lingkungan yaitu menekankan penggunaan bahan organik seperti kompos dan pupuk hijau--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang agar Anda bisa menikmati hidup lebih lama. Selain berolahraga dan perbanyak konsumsi buah serta sayur, Anda juga harus memperhatikan asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh Anda dan keluarga.

Pilih asupan karbohidrat yang tinggi serat, salah satunya adalah beras organik. Apa sih perbedaan beras organik dan beras biasa, apa saja manfaatnya? Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai beras organik dan juga rekomendasi produknya. Selengkapnya berikut ini!

BACA JUGA:Resep Rendang Daging dan Ayam yang Empuk untuk Lebaran

Perbedaan Beras Biasa dan Beras Organik
Meski tak selalu nampak perbedaannya secara kasat mata, ternyata beras biasa dan organik itu tak sama. Simak perbedaan antara kedua jenis beras tersebut!

1. Metode pertanian
Perbedaan beras biasa dan beras organik yang pertama terletak pada metode pertaniannya. Beras biasa ditanam dengan metode konvensional yang melibatkan penggunaan pestisida, herbisida, atau pupuk kimia lainnya. Sedangkan, beras organik ditanam berdasarkan prinsip ramah lingkungan yaitu menekankan penggunaan bahan organik seperti kompos dan pupuk hijau. Penggunaan herbisida dan pestisida sangat dihindari.

2. Proses pengolahan
Selain pada metode pertanian, terdapat juga perbedaan pada proses pengolahan beras organik dan beras biasa. Beras biasa mungkin diberi tambahan bahan kimia oleh orang yang tak bertanggung jawab seperti pemutih atau pengawet. Sementara proses pengolahan jenis organik dipastikan terhindar dari berbagai bahan kimia.

BACA JUGA:Ini Dia Resep Kue Kering untuk Lebaran, Enak dan Gak Sulit!

3. Harga
Terakhir, perbedaan beras organik dan biasa terletak pada harganya. Beras biasa cenderung lebih terjangkau harganya karena diproduksi secara efisien secara masal. Sedangkan, beras organik diproduksi lebih intensif dengan hasil yang sedikit.

Manfaat Mengkonsumsi beras organik bagi Kesehatan
Setelah memahami perbedaan antara kedua jenis beras, Anda mungkin mulai tertarik dengan beras organik. Eits terlebih dahulu simak manfaat beras organik berikut ini!

1. Mengurangi paparan residu herbisida dan pestisida
Manfaat mengkonsumsi beras organik bagi kesehatan yang pertama adalah mengurangi paparan residu bahan kimia berupa herbisida dan pestisida. Dikutip dari laman resmi Alodokter, paparan residu pestisida yang berkepanjangan bisa berdampak pada kerusakan sel serta menurunkan fungsi organ. Hal ini bisa menyebabkan penyakit serius seperti iritasi kulit, gangguan reproduksi hingga kanker.

BACA JUGA:Tak Tahan Ingin Memencet Jerawat? Ini Solusinya!

2. Kandungan nutrisi lebih tinggi
Manfaat lainnya dari konsumsi beras organik bagi kesehatan adalah nutrisinya yang tinggi. Tanaman organik sering ditanam dalam tanah yang lebih sehat dan menggunakan pupuk organik, yang dapat meningkatkan kandungan nutrisi dalam beras organik. Ini dapat mencakup kadar mineral dan vitamin yang lebih tinggi, seperti selenium, zat besi, dan vitamin C, yang penting untuk kesehatan tubuh. Dengan nutrisinya yang lebih tinggi, manfaat beras organik untuk MPASI bayi juga sangat baik.

3. Kontribusi dalam menjaga keberlangsungan lingkungan
Manfaat terakhir dari beras organik adalah kontribusi dalam menjaga keberlangsungan lingkungan hidup. Pertanian organik umumnya lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Mengkonsumsi beras organik dapat dianggap sebagai kontribusi terhadap dukungan terhadap praktik pertanian yang berkelanjutan, yang pada gilirannya dapat membantu melindungi lingkungan dan ekosistem.

Rekomendasi Beras Organik Terbaik untuk Kesehatan
Apabila Anda tertarik konsumsi beras organik untuk kehidupan sehari-hari, Anda bisa coba rekomendasi berikut ini!

BACA JUGA:Berapa Takaran Beras untuk Zakat Fitrah? Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

1. Jatiluwih Beras Merah Organik
Rekomendasi beras organik terbaik untuk kesehatan adalah Jatiluwih Beras Merah Organik. Produk ini merupakan beras yang ditanam dan dirawat sepenuh hati di daerah Jatiluwih tepatnya di lereng gunung Batukaru, Bali. Telah hadir sejak 2004, produk ini telah meninggalkan pestisida dalam metode pertaniannya. Selain itu, beras merah organik dari Jatiluwih ini memiliki serat 4x lipat lebih tinggi dan mengandung antioksidan, vitamin serta mineral. Cocok dijadikan sebagai pengganti beras biasa di rumah agar lebih sehat.

2. Javara Organic White Rice
Javara Organic White Rice merupakan beras organik terbaik yang bisa dikonsumsi Anda dan keluarga. Javara didirikan pada bulan Oktober 2008 oleh Helianti Hilman, seorang ahli hukum Hak Kekayaan Intelektual yang terlatih dan konsultan dalam pengembangan ekonomi pedesaan.

Saat memberikan saran hukum kepada petani kecil, Helianti merasa kagum dengan kekayaan warisan biodiversitas pangan dan budaya pangan pribumi di Indonesia. Dengan kecintaannya pada traveling, memasak, dan menikmati berbagai jenis makanan, ia memahami kekhawatiran mendalam petani pribumi yang merasa warisan dan budaya tersebut tengah terlupakan dengan cepat.

BACA JUGA:HP Tecno Camon 19 Pro Hadir dengan Desain Bodi Trendi dan Bezel Layar Tipis, Harganya Hanya Rp 2 Jutaan

Hadirlah Javara Organic White Rice sebagai upaya mempertahankan pertanian alami. Tak heran, produk ini menjadi beras organik dengan kualitas terbaik hasil dari kemitraan dengan petani lokal di kepulauan Indonesia. Produk ini terbebas dari pestisida, serta bebas gluten. Tak hanya itu, produk ini juga merupakan sumber serat, tinggi vitamin A,C,E, B3, protein dan antioksidan. Anda wajib coba!

3. Hana Beras Jepang Organik
Rekomendasi beras organik selanjutnya adalah Hana Beras Jepang Organik. Produk ini merupakan beras organik yang sepenuhnya bebas dari pestisida dan bahan kimia. Proses produksinya dilakukan secara alami mulai dari tahap penanaman hingga masa panen.

Produk ini memiliki kandungan mineral dan nutrisi tinggi, bisa menghindarkan Anda dari berbagai penyakit serius. Tak hanya itu saja, produk ini bisa Anda gunakan untuk sushi dan makanan Jepang lainnya.Bersertifikat dengan harga yang terjangkau, produk ini dikemas dengan menggunakan metode vakum untuk menjaga agar tetap terhindar dari oksidasi atau kerusakan selama penyimpanan.

4. Maharaja Basmati Organik
Beras Maharaja Basmati Organik dari Baroma Lokal Jatiluwih mempersembahkan pilihan unggul dengan bulir beras lokal yang panjang meski tidak sepanjang varian asli India. Produk ini menawarkan bulir yang panjang tetapi lebih sesuai dengan preferensi lokal.

BACA JUGA:Macet Mudik Bikin Perjalanan Membosankan? Coba Lakukan Ini!

Lebih dari itu, produk ini dipastikan bebas dari pestisida dan bahan kimia, diproses secara alami mulai dari penanaman hingga masa panen. Produk ini tidak hanya memenuhi standar sertifikasi, tetapi juga memberikan solusi terjangkau bagi mereka yang menginginkan beras organik berkualitas tinggi, dikemas dengan baik untuk menjaga keasliannya.

Keunggulannya tidak hanya terletak pada karakteristiknya yang cocok untuk penderita diabetes dan memiliki indeks glikemik rendah sama seperti manfaat beras porang Fukumi, tetapi juga pada aspek kesehatan secara keseluruhan.

Dengan kandungan mineral dan nutrisi tinggi, beras organik ini membantu mengurangi risiko berbagai penyakit seperti diabetes, kanker, obesitas, gangguan perkembangan otak, dan lainnya. Dipanen dari sawah terbaik di Bali, lereng gunung Batukaru, Beras Maharaja Basmati Organik menghadirkan kualitas premium tanpa bahan kimia untuk menjaga kesehatan konsumen.

5. Koshihikari Beras Jepang
Rekomendasi terakhir adalah Koshihikari Beras Jepang. Nikmati pengalaman memasak Jepang yang autentik dengan Beras Sushi Jepang Koshihikari. Beras organik satu yang bebas dari bahan kimia ini merupakan pilihan terbaik untuk setiap hidangan. Beras Koshihikari ini tidak hanya asli import dari Jepang, tetapi juga memiliki tingkat kepecahan yang rendah sebesar 5%.

Dengan warna putih bersih dan bentuk bulat kecil, beras ini menghasilkan tekstur pulen dan lengket yang sempurna, ideal untuk digunakan sebagai bahan onigiri atau sushi. Dapatkan kualitas premium yang unggul, menjadikan Koshihikari beras kesukaan keluarga dan memberikan sentuhan autentik pada setiap sajian yang Anda buat.

BACA JUGA:PLN Sukses Jaga Keandalan Pasokan Listrik Selama Kunjungan RI 1 di Kabupaten Muara Bungo

Nah, berikut di atas merupakan manfaat konsumsi beras organik bagi kesehatan dan rekomendasinya. Kini pilihan ditangan Anda, hidup sehat dengan memperhatikan asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: