Jangan Percaya Mitos! Puasa Tidak Membuat ASI Encer, Begini Penjelasannya

Jangan Percaya Mitos! Puasa Tidak Membuat ASI Encer, Begini Penjelasannya

ASI terlihat lebih encer dan bening, karena mengandung lebih banyak air dan rendah lemak. Namun, foremilk mengandung laktosa yang tinggi-Pinterest -

Jadi, Benarkah Puasa Bikin ASI Encer?

Saat puasa, Busui memang tidak akan mendapatkan asupan makanan dan minuman selama lebih dari 10 jam. Namun, umumnya puasa tidak akan memengaruhi jumlah, tekstur, dan kualitas ASI yang dihasilkan, kok.

Mungkin hanya akan terjadi sedikit penurunan pada kandungan mikronutrien dalam ASI, seperti zinc, magnesium, dan kalium. Akan tetapi, hal ini tidak terlalu berpengaruh pada tumbuh kembang Si Kecil.

BACA JUGA:Cegah Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran! Berikut 10 Rekomendasi Obat Ampuh Mabuk Perjalanan

Jadi, ASI yang diproduksi dan dikeluarkan akan tetap sama, meski Busui sedang berpuasa. Di awal proses menyusui akan tetap keluar foremilk (ASI encer) kemudian diikuti dengan keluarnya hindmilk (ASI kental).

Nah, agar kualitas dan kuantitas ASI tetap terjaga saat Busui puasa, konsumsilah makanan dengan gizi seimbang di waktu berbuka dan sahur, seperti aneka sayur dan buah, kacang-kacangan dan biji-bijian, ikan, telur, serta daging.

Pastikan juga Busui mengelola stres dengan baik dan cukup minum air putih di waktu berbuka dan sahur, agar terhindar dari risiko dehidrasi saat puasa.

Saat menyusui, jangan lupa juga untuk selalu menyusui Si Kecil dengan kedua payudara secara bergantian, agar payudara dapat kosong secara maksimal dan ASI bisa diproduksi kembali.

Memang tidak ada larangan bagi ibu menyusui untuk berpuasa. Namun, Busui tetap harus memperhatikan kesehatan dan jangan memaksakan diri, ya. 

BACA JUGA:Biar Tahu! Ini Manfaat dan Aturan Pakai Biomega

Jika Busui merasa lemas atau mengalami dehidrasi, maka Busui disarankan untuk membatalkan puasa, agar tidak semakin memperparah kondisi yang ada.

Bila Busui masih ragu untuk berpuasa atau tidak, terlebih jika Busui memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Itulah informasi seputar manfaat puasa terhadap produksi asi pada ibu menyusui, semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: