Keluar Darah Haid Sebelum Berbuka, Bagaimana Status Puasanya? Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Keluar Darah Haid Sebelum Berbuka, Bagaimana Status Puasanya? Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat jelaskan status puasa seorang perempuan yang datang haid beberapa saat sebelum buka puasa-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKPSRESS.COM- Banyak umat Muslim memiliki pertanyaan tentang ibadah Ramadan, termasuk tentang situasi saat haid muncul menjelang waktu berbuka puasa.

Banyak wanita bertanya-tanya ketika mereka telah berpuasa sepanjang hari, namun beberapa menit sebelum berbuka, mereka mengalami menstruasi. Apakah puasa mereka batal atau tidak.

BACA JUGA:Pahalanya Berkali-kali Lipat, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Sedekah di Bulan Ramadhan

BACA JUGA:Bolehkah Kumur-kumur saat Puasa Ramadhan? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Terkait dengan hal tersebut Ustaz Adi Hidayat pernah menjelaskan tetang status puasa seorang wanita yang keluar haid beberapa saat sebelum berbuka puasa.

Menurut Ustaz Adi Hidayat wanita yang berpuasa, kemudian keluar haid beberapa saat sebelum berbuka puasa maka status puasanya menjadi batal.

Hal tersebut disampaikan Ustaz Adi Hidayat dalam suatu ceramah yang videonya diunggah di kanal Youtube Adi Hidayat Official.

"Status puasanya batal pada saat itu, dan tidak terhitung sebagai 1 Ramadhan. Ya satu kali puasa misalnya, Anda tidak bisa dapatkan," terang Ustaz Adi Hidayat.

Namun, menurut Ustaz Adi, meskipun puasa seseorang dinyatakan batal karena mengalami haid beberapa saat sebelum berbuka, mereka seharusnya tetap bersyukur.

Hal ini disebabkan oleh pahala dari niat mereka untuk berpuasa pada hari tersebut yang telah dicatat dalam buku amalan mereka.

BACA JUGA:Kapan Waktu Terbaik Sholat Tahajud di Bulan Ramadhan, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Makan Sahur saat Sudah Imsak, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

"Tapi berbahagialah Anda, kenapa? Karena pahala Anda sudah didapatkan dengan niat Anda. Ya, semua amalan tergantung kepada niatnya, Anda bersabar dengan menerima takdir Allah SWT, terima itu, karena itu yang terbaik bagi Anda," kata Ustaz Adi Hidayat.

"Anda sudah niat berpuasa, sudah melakukan kebaikan, maka itu dicatat sebagai pahala yang Insya Allah tertuliskan limpahan-limpahan pahalanya," tambah Ustaz Adi Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: