Cara Menggunakan dan Fitur Keamanan Child Lock Pada Mobil

Cara Menggunakan dan Fitur Keamanan Child Lock Pada Mobil

Perlu diketahui kalau fitur child lock ini cuma ada untuk penumpang jok tengah dan belakang, yang mana mencegah pintu bisa terbuka dari dalam mobil.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Seiring berjalannya waktu, teknologi canggih bukan cuma disematkan untuk perangkat elektronik aja. Tapi, juga untuk kendaraan mobil, terutama pada fitur keamanannya. Hal ini juga berlaku pada fitur child lock mobil yang sering digunakan oleh para pengemudi yang membawa anak selama berkendara. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus ketahui dulu tentang child lock di bawah ini!

Apa Pengertian child lock?
child lock atau juga dikenal dengan child safety lock adalah salah satu fitur pada keamanan mobil. Sama seperti namanya, fitur child lock ini berguna untuk menjaga penumpang khususnya anak kecil agar lebih aman dalam berkendara. Kamu juga nggak perlu khawatir saat anak kamu nggak sengaja bermain atau menekan handle pintu belakang saat mobil sedang melaju.

BACA JUGA:Pentingnya Daftar HAKI Bagi Pengusaha dan Perusahaan

Selain itu, fitur child lock yang aktif juga membuat pintu mobil kamu tetap terkunci dan nggak bisa dibuka dengan sembarang. Child lock pada mobil ini sendiri memiliki bentuk tuas kecil yang terletak di bagian bawah pada pintu dalam mobil belakang. Mengingat fitur child lock ini jarang digunakan, maka fitur ini memiliki usia yang lebih tahan lama dan jarang mengalami kerusakan, loh.

Bukan cuma itu, letak fitur child lock ini juga berada di bagian bawah pintu dan dinilai efektif serta sulit dijangkau, sehingga menjaga pintu mobil kamu tetap terkunci saat dimainkan oleh anak-anak. Penting juga kamu tahu, kalau fitur child lock ini letaknya ada setiap masing-masing pada pintu belakang mobil, dengan begitu kamu bisa mengatur penggunaannya melalui pintu mobil kamu.

Sementara itu, dari cara kerja fitur child lock ini juga sedikit berbeda dengan fitur keamanan lainnya, sebab fitur ini cuma berlaku pada handle mobil belakang aja, ya. Jadi, saat fitur ini dinonaktifkan, maka secara otomatis handle pintu mobil pada bagian belakang nggak bakal bekerja. Tapi, kamu masih bisa membuka pintu mobil belakang dari luar saat tuas digeser ke bagian UNLOCk, ya.

BACA JUGA:Ide Jualan Makanan Online yang Kreatif dan Menguntungkan

Fungsi Fitur Child Lock
Nggak jauh berbeda dengan penjelasan sebelumnya, fitur child lock ini memiliki fungsi untuk mengatur handle pintu mobil pada bagian belakang agar tetap terkunci. Fitur ini juga bertujuan agar handle pintu belakang mobil kamu nggak berfungsi atau terbuka saat di aktifkan. Terlebih lagi, saat anak kecil sebagai penumpang sedang memainkan handle juga nggak bisa membuka pintu mobil.

Selain itu, perlu kamu tahu kalau fitur child lock ini cuma ada untuk penumpang jok tengah dan belakang, yang mana mencegah pintu bisa terbuka dari dalam mobil. Jadi, kalau pintu mobil belakang kamu nggak bisa dibuka, bisa jadi fitur child lock ini sedang aktif dan kamu bisa memeriksa langsung di tempat tuas fitur child lock ini berada,  ya.

Cara Menggunakan Fitur Child Lock
Sesudah memahami apa itu fitur child lock dan apa aja fungsinya, kamu juga harus tahu cara menggunakannya. Tentu aja, cara penggunaan fitur child lock ini berbeda dengan fitur kunci yang ada di bagian pintu kemudi mobil kamu. Nah, biar kamu nggak salah menggunakan, langsung aja simak berikut ini cara menggunakan fitur child lock:

BACA JUGA:Ini Dia Penyebab Wa Bisnis Error Dan Bagaimana Mengatasinya?

1. Buka terlebih dahulu salah satu pintu belakang mobil kamu.
2. Di bagian sisi pintu dalam mobil, kamu bisa cari tuas kecil. Biasanya, tuas kecil ini berada di samping bawah pintu dan memiliki tulisan LOCK.
3. Kamu bisa mengaktifkan fiturnya dengan cara menggeser tuas kecil tersebut ke posisi lock atau terkunci. Maka secara otomatis, fitur child lock bakal berfungsi.
4. Sementara itu, untuk kamu yang ingin menonaktifkan fitur child lock ini, bisa menggeser kembali tuas kecil ke posisi semula atau posisi bertuliskan UNLOCK. Cara lain untuk menonaktifkannya pun, kamu bisa membuka pintu mobil dari luar. Apalagi, harus kamu tahu kalau fitur child lock ini cukup fleksibel, sebab bisa kamu aktifkan dan nonaktifkan kapan aja.

Fitur Keamanan Mobil Lainnya
Bukan cuma child lock, pada mobil kamu juga bisa mengetahui fitur keamanan lainnya yang mendukung pengalaman berkendara kamu dengan aman serta nyaman. Adapun Fitur Keamanan Mobil yang bisa kamu manfaatkan adalah:

BACA JUGA:Tips Jitu Strategi Cara Jualan di Tokopedia yang Efektif untuk Pemula

1. Central Lock
Fitur keamanan yang pertama ini juga bisa kamu gunakan selama berkendara. Apalagi, mungkin sudah tahu fitur central lock ini berada di pintu mobil sisi pengemudi. Central lock sendiri memiliki fungsi sebagai pengatur kunci pada semua pintu mobil dengan cara menggunakan satu tombol aja. Maka nantinya seluruh pintu mobil kamu bakal terkunci secara otomatis.

Mengingat fitur central lock ini berada di sisi pintu pengemudi, maka yang bisa mengaturnya pun cuma pengemudi. Selain itu, dengan adanya central lock ini pengemudi juga bisa memastikan seluruh pintu mobil sudah terkunci dan nggak bisa dibuka oleh sembarang orang dari luar maupun dari dalam.

2. Air Bag
Salah satu fitur keamanan lainnya pada mobil yang juga sudah banyak diketahui adalah airbag. Pada mobil keluaran terbaru dan terlama, fitur airbag ini sudah banyak digunakan untuk hampir seluruh jenis mobil. Airbag atau juga dikenal dengan kantung udara ini merupakan fitur mobil yang bekerja untuk melindungi seluruh penumpang beserta pengemudi saat terjadi benturan keras pada kecelakaan.

Fitur airbag ini bakal bekerja ketika mobil kamu menghantam atau menabrak benda keras. Nantinya, sensor airbag pun bakal menyala dan membuat airbag mengembang serta melindungi kepala pengemudi maupun penumpang dari benturan yang ada di bagian setir atau dashboard mobil.

BACA JUGA:Curiga 3 Hari Tak Keluar Rumah, Warga Kota Bengkulu Ditemukan Membusuk

3. Isofix
Fitur keamanan lainnya yang juga ada di dalam mobil dan bisa kamu gunakan untuk penumpang anak kecil adalah isofix. Isofix adalah sebuah akses untuk menyematkan car seat khusus anak. Selain itu, isofix ini ada di bagian kursi tengah pada kursi penumpang.

Cara penggunaan isofix ini juga mudah, kamu cukup menyiapkan car seat, lalu kaitkan dengan pada isofix. Bukan cuma itu, fitur isofix ini juga membuat para pengemudi yang membawa anak kecil jadi merasa lebih aman saat berkendara, loh.

4. Rear View Monitor (RVM)
Berikutnya, fitur keamanan pada mobil yang juga ada di mobil keluaran terbaru adalah Rear View Monitor (RVM). Sama seperti namanya, RVM ini berupa monitor yang berguna untuk pengemudi dalam menempatkan posisi mobilnya. Bukan cuma memperlihatkan bagian belakang, RVM ini juga memberikan tampilan pada bagian depan mobil kamu, loh. Jadi, dengan adanya fitur RVM ini, para pengemudi nggak perlu melihat ke belakang ataupun ke depan mobil saat ingin parkir. Selain itu, RVM ini juga membuat pengemudi nggak perlu khawatir jika menabrak sesuatu.

BACA JUGA:Agar Semua Dosa Gugur, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Baca Doa Ini Setelah Sholat Tarawih

Kamu bisa memanfaatkan fitur child lock untuk keamanan kamu dan penumpang selama berkendara. Temukan juga berbagai aksesoris otomotif lainnya untuk mobil kamu yang bisa didapatkan di Blibli. Tunggu apalagi? Ciptakan kenyaman dan keamanan selama kamu berkendara, ya!(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: