Tips Jitu Strategi Cara Jualan di Tokopedia yang Efektif untuk Pemula

Tips Jitu Strategi Cara Jualan di Tokopedia yang Efektif untuk Pemula

Cara jualan online di Tokopedia cukup mudah diikuti oleh pemula bahkan dalam hitungan menit--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada beberapa cara jualan di Tokopedia yang menjadi bagian dari marketplace cukup populer di kalangan pengguna e-commerce. Sebagai salah-satu layanan platform jual beli online yang memiliki brand ambassador artis K-POP. Tokopedia berhasil menggebrak peminat dengan data pengunjung terbanyak di Indonesia berada di Kuartal 3 pada tahun 2022 lalu menurut riset iPrice.

Tampilan Tokopedia memiliki ciri khas warna dominan hijau dan fitur unik yang tidak kalah dengan marketplace buatan luar negeri. Namun, tahukah Anda bagaimana cara jualan di Tokopedia untuk pemula? Daripada mengira-ngira bagaimana caranya yuk simak saja pembahasan berikut.

BACA JUGA:Begini Cara Deposito BRI agar Makin Menguntungkan

Berjualan di Tokopedia
Mulai berbisnis di marketplace mungkin seperti terlihat mudah, karena kemudahan transaksional yang dapat dilakukan di mana saja atau kapanpun. Namun, perlu Anda pahami bahwa bisnis secara online juga memiliki tantangan tersendiri. Sehingga memerlukan pengetahuan dan strategi khusus yang relevan agar usaha tidak sia-sia.

Sebagaimana tujuan utama dari awal berbisnis untuk memperoleh keuntungan yang bisa menambah penghasilan. Salah-satunya dengan berjualan di Tokopedia, platform e-commerce Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2009 oleh CEO bernama William Tanuwijaya.

Tokopedia sendiri berhasil menduduki urutan pertama sebagai platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi dengan total pengunjung lebih 150 juta per bulan. Dimana totalan angka ini dapat menjadi indikasi platform e-commerce yang sangat potensial untuk berjualan online. Adapun bagaimana cara jualan di Tokopedia yang dapat Anda ketahui diantaranya sebagai berikut!

Cara jualan di Tokopedia
Cara jualan online di Tokopedia cukup mudah diikuti oleh pemula. Bahkan Anda bisa langsung melakukan transaksi jual-beli online dalam hitungan menit ketika sudah registrasi akun. Cara untuk registrasi akun ini dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah berikut yang dikutip dari laman resmi Tokopedia.

BACA JUGA:Loker BPJS Kesehatan 2024: Cek Cara Pendaftaran Lowongan Terbaru Di Sini !

1. Registrasi Akun Tokopedia
Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk registrasi akun Tokopedia adalah membuat email. Buka Google Mail melalui browser dan mulai sign up untuk mendapatkan sebuah akun. Pastikan alamat email Anda menggunakan kata-kata yang mudah diingat agar merepotkan. Selain itu, Anda pastikan Anda membuat password yang bersifat rahasia.

Akun e-mail akan memuat beberapa informasi penting terkait Anda di dalam sistem yang nanti akan terhubung. Jadi, pastikan untuk menggunakan password dan nomor kontak yang masih digunakan agar memudahkan Anda jika ingin menggantinya. Terlebih mengenai Akun informasi-informasi penting yang diberikan oleh marketplace pasti masuk di email.

Membuat akun email berlaku bagi Anda ingin mendaftar akun Tokopedia tanpa memasukkan nomor telepon. Anda hanya akan diminta untuk menulis nama dan password bagi akun Tokopedia. Sementara registrasi akun menggunakan nomor telepon biasanya akan diminta memasukkan nama lengkap. Kemudian tekan lanjut dan Anda berhasil mendaftar sebagai pembeli di Tokopedia, simak petunjuknya!

- Akses laman Tokopedia atau unduh aplikasi melalui Google PlayStore maupun App Store di Perangkat Anda
- Buka laman Tokopedia dan klik Menu Utama tiga garis yang ada di pojok
- Klik daftar untuk membuat akun pembeli dan masukkan nomor ponsel atau email yang ingin Anda gunakan
- Kemudian pilih metode verifikasi yang tertera.
- Tunggu sampai kode verifikasi atau OTP (One Time Password) dikirimkan lalu ikuti langkah yang tertera pada layar

BACA JUGA:Persiapkan Berbagai Hal Ini Jika Ingin Kuliah di Luar Negeri

2. Membuat Akun Jualan di Tokopedia
Apabila telah melakukan registrasi akun Tokopedia pembeli, maka Anda dapat membuat akun di Tokopedia seller untuk jualan. Melalui aplikasinya langsung atau website resmi Tokopedia. Setelah itu, “Buka Toko”di kolom pencarian dan klik “Buka Toko Gratis”. Lalu isi kolom formulir dengan benar dan tunggu verifikasi dari akun email untuk mengaktifkan akun ku.

Apabila cara buat akun jualan di tokopedia masih belum Anda pahami, coba perhatikan poin berikut :
- Buka aplikasi Tokopedia dan klik Menu utama di laman perangkat Anda
- Klik Mau mulai berbisnis? Dan Buka Toko Gratis yang muncul
- Tunggu sampai Anda diarahkan ke halaman buka toko dan klik Buka Toko Gratis
- Tulis nama toko Anda, pastikan teliti memasukkannya karena setelah di submit tidak bisa diubah
- Setelah itu, isi nama dan domain toko Anda (domain yang nantinya berfungsi sebagai link toko Anda di Tokopedia)
- Jangan lupa masukkan alamat toko yang benar dan lengkap (Alama yang akan digunakan oleh kurir untuk mengambil barang dari tokomu)
- Selain itu, lengkapi nama jalan, nomor bangunan, nomor RT dan RW, kecamatan, hingga kode pos. Klik untuk memudahkan pencarian informasi
- Klik “Simpan”

BACA JUGA:Kesal Alami Diare Saat Puasa? Begini Cara Ampuh Mengatasinya

Cara membuat akun Tokopedia untuk jualan ini sangat memudahkan pemula yang ingin mencoba peruntungan bisnis online. Sebab, setelah akun jualan Tokopedia sudah siap dapat langsung digunakan untuk berjualan online. Tanpa adanya biaya jualan di Tokopedia selayaknya mitra kerja sama secara umum. Bahkan jika selama 90 hari tidak ada penawaran produk, toko akan dihapus permanen

3. Mulai Menjual Produk
Mulai menjual produk yang Anda miliki dan gunakan layanan semua fitur Tokopedia. Anda dapat mempelajari semua fitur tersebut untuk kelancaran jual-beli produk onlinenya. Termasuk mempelajari bagaimana cara menentukan harga jual di Tokopedia.

Tips Berjualan di Tokopedia
Adapun cara jualan di Tokopedia agar cepat laku secara khusus berkaitan dengan branding dan sistem marketing. Sebagaimana kiat-kiat dari tips jualan di Tokopedia berikut :

1. Menambahkan Informasi Brand dengan Jelas
Apabila Anda sudah memiliki toko online di Tokopedia pastikan untuk menambahkan informasi tentang brand usaha dengan jelas. Apalagi Anda memanfaatkan cara jualan di Tokopedia tanpa modal melalui sistem mitra. Pastikan Anda menggunakan logo brand usaha terkait sebagai foto profil dan mencantumkan detail kontak hingga lokasi offline store jika ada.

2. Jangan Lupa Isi Deskripsi Produk
Isi deskripsi produk saat Anda mengunggah foto terbaru yang dapat menarik perhatian dan minat konsumen. Mulai dari informasi nama produk, kegunaan, tanggal kadaluarsa, bahan pembuatan, dan detail lainnya. Termasuk ketika Anda menggunakan cara jualan di Tokopedia lewat hp. Menuliskan detail produk jualan Tokopedia di hp cukup mengefektifkan ruang kerja Anda.

BACA JUGA:Bolehkah Cabut Gigi saat Puasa? Ini Penjelasannya!

3. Pilih Beberapa Jasa Kirim
Tips untuk cara jualan di Tokopedia yang harus pertimbangan adalah ketika memilih jasa ekspedisi. Pilih beberapa jasa kirim untuk opsi yang dapat menjadi pilihan konsumen ketika membeli di toko online Anda. Terlebih masing-masing jasa ekspedisi memiliki kekurangan dan kelebihannya.

4. Berikan Pelayanan Terbaik
Meski Anda tidak berhadapan langsung dengan pelanggan seperti ketika jual beli di toko offline. Anda tetap perlu memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Seperti mempercepat proses pengemasan, segera melakukan pengiriman dan bersikap cepat tanggap ketika pelanggan melakukan komplain.

Tips keempat ini bisa membuat jualan di Tokopedia agar cepat laku, karena konsumen melihat keramahtamahan. Selain produk yang ditawarkan memang memiliki kualitas terbaik.

BACA JUGA: Breaking News! Jelang Berbuka, Ruko dan Rumah di Terminal Desa Marga Sakti Bengkulu Utara Terbakar


Cara berjualan di Tokopedia ini cukup ramah dicoba oleh pemula sebagai platform e-commerce pilihan. Mengingat ada banyak kemudahan dan reputasi Tokopedia itu sendiri juga cukup berpotensi. Oleh karena itu, tidak heran jika cara berjualan di Tokopedia untuk pemula banyak dicari oleh orang-orang. Bahkan Anda sendiri pun dapat mencobanya! (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: