Mencegah Penyakit Kronis, Ini Manfaat Konsumsi Cincau Sajian Selama Ramadan

Mencegah Penyakit Kronis, Ini Manfaat Konsumsi Cincau Sajian Selama Ramadan

Manfaat yang diperoleh jika mengonsumsi cincau-Instagram -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cincau menjadi salah satu komponen yang wajib ada saat membuat minuman untuk sajian berbuka puasa. Tahukah kamu ternyata Cincau memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bagi kalian yang belum mengetahui sebenarnya manfaat cincau berasal dari kandungan nutrisi dan senyawa aktif di dalamnya.

Bahkan, bahan minuman ini juga dipercaya dapat mencegah berbagai penyakti kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Cincau merupakan bahan minuman yang terbuat dari ekstrak daun cincau. Ekstrak daun ini awalnya berbentuk cair, kemudian dapat mengental dan sedikit mengeras sehingga teksturnya menyerupai agar-agar. 

Cincau biasanya ditambahkan ke dalam berbagai jenis minuman, seperti es campur, es cincau, atau milk tea. Buat kamu yang penasaran apa manfaat dari mrngonsumsi bahan minuman yang satu ini, yuk simak ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Tanda- Tanda Ibu Hamil Harus Membatalkan Puasa yang Perlu Diwaspadai

Dikutip dari laman alodokter.com ada 5 manfaat yang diperoleh jika mengonsumsi cincau, berikut diantaranya:

1. Mencegah diabetes

Sebuah uji klinis menyatakan bahwa mengonsumsi cincau dapat menjaga kadar gula darah. Khasiat ini diduga karena sifat antioksidan yang dimiliki cincau. Antioksidan dapat mencegah stres oksidatif yang diketahui sebagai salah satu pemicu penyakit diabetes melitus.

Serat yang terkandung dalam cincau juga berperan dalam menjaga keseimbangan kadar gula darah. Serat tidak dapat dipecah dan diserap oleh tubuh, sehingga konsumsinya tidak memicu lonjakan gula darah.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Cincau dipercaya mampu menjaga fungsi dan kerja sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh senantiasa terhindar dari infeksi maupun penyakit.

Hal tersebut dikarenakan cincau mengandung senyawa bioaktif, seperti klorofil, alkaloid, terandin, saponin, dan flavonoid.

BACA JUGA:Makanan Ini Disarankan untuk Penderita Pengapuran Tulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: