Mencegah Penyakit Kronis, Ini Manfaat Konsumsi Cincau Sajian Selama Ramadan

Mencegah Penyakit Kronis, Ini Manfaat Konsumsi Cincau Sajian Selama Ramadan

Manfaat yang diperoleh jika mengonsumsi cincau-Instagram -

Menurut sebuah penelitian, berbagai senyawa bioaktif dalam cincau berperan sebagai imunomodulator, yaitu untuk menjaga keseimbangan komponen dalam sistem kekebalan tubuh, misalnya kadar dan fungsi sel darah putih atau leukosit.

3. Memelihara kesehatan lambung

Berbagai macam kandungan senyawa bioaktif dan mineral dalam cincau, seperti flavonoid, saponin, polifenol, dan alkaloid juga diketahui bermanfaat dalam mencegah dinding lambung dari kerusakan, misalnya akibat meningkatnya asam lambung.

4. Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung

Cincau mengandung serat dan klorofil yang bermanfaat untuk mencegah hiperlipidemia. Kondisi ini ditandai dengan tingginya lemak jahat dalam darah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit di pembuluh darah dan jantung, seperti hipertensi, serangan jantung, bahkan stroke.

BACA JUGA:Tips Mempertahankan Kesehatan Selama Berpuasa di Bulan Puasa Ramadan

Namun, penelitian mengenai cincau dan manfaatnya dalam mencegah hiperlipidemia baru dilakukan pada hewan. Diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas cincau dalam mencegah hiperlipidemia pada manusia.

5. Menyembuhkan diare

Saat mengonsumsi cincau senyawa bioaktif dalam cincau juga mempercepat penyembuhan diare. Pada dosis tertentu, ekstrak daun cincau juga memiliki kemampuan menyembuhkan diare yang setara dengan loperamide atau obat diare.

Penelitian cincau sebagai obat diare tersebut baru dilakukan pada hewan, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya pada manusia.

Itulah informasi seputar manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan saat mengonsumsi cincau. 

Untuk mendapatkan manfaat cincau di atas, pastikan kamu mengonsumsi cincau yang diproses dengan bersih dan tanpa tambahan bahan kimia maupun pemanis buatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: