Lebih Utama Mana? Sholat Sunnah Ba'diyah Isya atau Tarawih? Simak Penjelasan Buya Yahya Berikut Ini

Lebih Utama Mana? Sholat Sunnah Ba'diyah Isya atau Tarawih? Simak Penjelasan Buya Yahya Berikut Ini

Buya Yahya jelaskan lebih utama mana antara sholat sunnah ba'diyah isya atau sholat tarawih-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Ruwahan Sebelum Ramadhan? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Bagi mereka yang memahami ilmu agama, mereka akan memberi prioritas kepada shalat Sunnah ba'diyah Isya terlebih dahulu.

Namun, jika di masjid tertentu lebih menekankan shalat tarawih, maka jamaah akan mengikuti imam dan kemudian melaksanakan shalat Sunnah ba'diyah Isya setelah shalat tarawih selesai.

Terkadang, karena semangat yang tinggi dalam melaksanakan shalat tarawih, beberapa orang bisa salah mengerti sehingga mengabaikan shalat Sunnah ba'diyah Isya.

Sebenarnya, shalat sunnah atau rawatib, baik itu sunnah qabliyah (sebelum shalat wajib) maupun sunnah ba'diyah (setelah shalat wajib), lebih utama dibandingkan shalat tarawih itu sendiri.

Penting untuk tidak melupakan shalat sunnah ba'diyah maupun qabliyah karena shalat ini tidak dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah, sebagaimana shalat tarawih yang dianjurkan dilakukan secara berjamaah.

Meskipun shalat sunnah rawatib tidak dianjurkan dilaksanakan secara berjamaah, shalat tersebut lebih utama atau lebih afdhal dibandingkan shalat tarawih.

Selain dianggap sebagai ibadah yang paling utama, shalat sunnah rawatib memiliki dua kelebihan yang signifikan.

Pertama, sholat sunnah rawatib berfungsi sebagai penambah atau penutup kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan sholat fardhu yang kita laksanakan.

BACA JUGA:Bolehkan Ziarah Kubur Sebelum Ramadhan? Berikut Penjelasan Buya Yahya dan Ustadz Abdul Somad

BACA JUGA:Saat Tak Sengaja Nemu Uang di Jalan, Buya Yahya Jelaskan yang Harus Dilakukan

Kedua, shalat ini mendapatkan nilai tambah di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala, yakni mendapatkan mahabbah atau kecintaan dari-Nya.

Oleh karena itu, kita sebaiknya tidak merasa puas dengan ibadah yang telah kita lakukan. Untuk meraih kecintaan dari Allah SWT, seorang Muslim disarankan untuk tidak meninggalkan shalat sunnah rawatib, terutama sholat Sunnah Ba'diyah Isya, selama bulan Ramadhan dan seterusnya.

Setidaknya, melaksanakan sholat Sunnah Badiyah Isya sebanyak 2 rakaat sebelum melaksanakan shalat tarawih akan menjadi langkah yang baik.

Itulah penjelasan tentang lebih utama mana antara sholat sunnah ba'diyah Isya dengan sholat tarawih. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: