Perhatikan Tips Ini Sebelum Mau Investasi Emas Pegadaian

Perhatikan Tips Ini Sebelum Mau Investasi Emas Pegadaian

investasi emas adalah instrumen investasi dari pegadaian dalam bentuk jual beli emas dengan fasilitas titipan--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain reksa dana dan pasar uang, salah satu instrumen investasi yang dipilih oleh banyak investor pemula adalah emas. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya layanan yang memudahkan orang awam sekalipun untuk berinvestasi emas, seperti layanan yang diberikan oleh pegadaian. Nah, kalau kamu adalah orang awam yang ingin memulai pengalaman investasi emas pegadaian, simak tips-tipsnya di sini, yuk!

Apa Itu investasi Emas?
Singkatnya, investasi emas adalah instrumen investasi dari pegadaian dalam bentuk jual beli emas dengan fasilitas titipan. Artinya, nasabah tabungan emas pegadaian akan menabung dalam bentuk uang. Kemudian dalam prosesnya, tabungan tersebut akan dikonversi menjadi sekian gram emas. Setelah gram emas tersebut mencapai angka tertentu, nasabah bisa memilih untuk mencetak emas tersebut, atau tetap melanjutkan tabungan.

BACA JUGA:Pemprov Jabar Siapkan 3000 Kursi untuk Mudik Gratis 2024

Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian
Untuk kamu yang ingin berinvestasi emas melalui pegadaian, berikut ini adalah beberapa keuntungan investasi emas di pegadaian yang akan kamu dapatkan:

1. Terjangkau dan Mudah Dicairkan
Untuk mulai berinvestasi emas di pegadaian, kamu bisa mulai dengan pembelian emas sekitar Rp9 ribu-an saja, lho! Ini karena pegadaian menawarkan emas dengan berat mulai dari 0,01 gram saja. Proses pencairannya pun mudah, kamu bisa menjual kembali emas tersebut atau mencetaknya menjadi emas batangan setelah mencapai berat 1 gram.

2. Emas yang Dijual Sudah Bersertifikasi
Karena bekerja sama dengan beberapa perusahaan emas ternama, maka seluruh emas yang dicetak di pegadaian bisa dipastikan memiliki sertifikat asli.

BACA JUGA:Jadwal Mudik Gratis Kemenhub 2024, Berikut Syarat Pendaftarannya

3. Aman dan Bebas Pajak
Sebagai perusahaan yang telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, layanan yang diberikan pun dijamin aman dan kredibel.

4. Banyak Pilihan Gram Emas Untuk Dicetak
Saat ingin mencetak emas, kamu bisa memilih banyak denominasi mulai dari 1 gram, 2 gram, 5 gram, hingga maksimal 100 gram.

5. Sudah Memiliki Layanan Digital
Untuk membuka tabungan emas ini, kamu bisa melakukannya secara online melalui aplikasi pegadaian digital, lho! Jadi, kamu hanya perlu datang ke kantor cabang terdekat untuk mengambil buku tabungan emas saja.

BACA JUGA:Penggemar Jersey Tahu! Begini Cara Membedakan Jersey Adidas Ori dan KW

Trik Investasi Emas di Pegadaian dengan Aman dan Untung
Jadi tertarik untuk mulai berinvestasi dengan instrumen emas pegadaian, kan? Kalau iya, yuk, baca dulu beberapa trik dan tips di bawah ini agar kamu bisa mencapai goals investasimu!

1. Tentukan Tujuan Investasi Kamu Sebelum Mulai
Pertama, kamu wajib mengetahui tujuan investasi yang akan dilakukan ini. Misalnya saja, kamu berinvestasi untuk tabungan membeli rumah bersama dengan pasangan. Kamu bisa merencanakan seberapa banyak investasi yang harus dilakukan, dan kapan investasi harus ditambahkan atau diambil.

2. Pilih Kadar dan Berat Emas yang Tepat
Trik investasi emas di pegadaian berikutnya adalah memastikan bahwa kamu telah memilih kadar dan berat emas yang sesuai. Pertama, ketahui anggaran investasi yang kamu miliki atau telah kamu persiapkan sebelumnya. Kemudian, tentukan rentang waktu investasi yang diinginkan, sesuai dengan goals yang ingin dicapai. Terakhir, selalu cari tahu harga emas terbaru beserta perkembangannya. Misalnya saja, kamu bisa mengunjungi website Sahabat Pegadaian dan carilah menu “Harga Emas Hari Ini”.

BACA JUGA:Sudah Tahu Perbedaan Air Jordan Kw Vs Ori? Begini Caranya

3. Jangan Takut Berkonsultasi dengan Ahli Investasi
Sebagai orang awam yang baru saja memulai perjalanan investasi, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan orang yang sudah ahli. Jika perlu, bergabunglah dengan komunitas atau forum di media sosial yang menjadi tempat saling berbagi ilmu investasi.

4. Siapkan Dokumen yang Diperlukan Sebelum Mengunjungi Cabang Pegadaian
Untuk membuka rekening tabungan emas di kantor cabang pegadaian, ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan. Dokumen tersebut adalah kartu identitas diri seperti KTP atau paspor, serta formulir pembukaan rekening yang disediakan oleh pihak pegadaian.

BACA JUGA:Ini Dia Syarat Telah Dibuka! Pendaftaran Mudik Gratis Honda 2024

5. Bayar Biaya Pembukaan Rekening
Saat melakukan pembukaan rekening di kantor cabang pegadaian, ada beberapa biaya yang perlu dibayarkan seperti biaya buka rekening dan biaya penitipan emas per tahun. Saat membayar biaya-biaya tersebut, pastikan bahwa uang yang digunakan termasuk ke dalam anggaran investasi, dan bukan anggaran kebutuhan pribadi.. Tujuannya, agar investasi yang dilakukan bisa benar-benar dilacak keuntungannya. Jika kamu berencana untuk melakukan investasi emas pegadaian dalam jumlah besar, rencanakan semuanya dengan matang, ya!(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: