RUPST Bank Bengkulu, Bank BJB Dukung Bank Bengkulu untuk Memperkuat Bisnis

RUPST Bank Bengkulu, Bank BJB Dukung Bank Bengkulu untuk Memperkuat Bisnis

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pimpin Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Bengkulu Tahun Buku 2023-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sepanjang tahun 2023, Bank Bengkulu tercatat terus bertumbuh dengan likuiditas yang ample dan risiko terkelola dengan baik meskipun situasi ekonomi 2023 yang challenging dengan berbagai tekanan yang ada termasuk kenaikan suku bunga sampai dengan 250 basis poin.

Bank Bengkulu membukukan kinerja keuangan positif Sepanjang tahun 2023 dengan total aset Bank Bengkulu tumbuh 4,20% (yoy) menjadi Rp. 9.042 milyar dari tahun sebelumnya senilai Rp. 8.677 milyar dan Bank Bengkulu Berhasil Mencatatkan Laba Bersih audited sebesar Rp.82,950 miliar.

Kemudian dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun Bank Bengkulu meningkat 1,45% menjadi Rp.7.062 milyar dari periode 2022 yang berada di angka Rp. 6.952 milyar.

Performa kinerja Bank Bengkulu tahun 2023 dicerminkan juga dengan nilai rasio ROA (Return on Asset) sebesar 1,27 % , nilai rasio ROE (Return On Equity) sebesar 6,79%, dan nilai rasio  Capital Adequacy Ratio (CAR) menguat sebesar 26,46% seiring dengan penguatan permodalan industri perbankan khususnya Bank Bengkulu yang per 31 Desember 2023 total modal inti adalah sebesar Rp. 1.263 milyar.

BACA JUGA:Dua Pemuda di Kota Bengkulu Ditikam Petani, Pelaku Melawan Saat akan Ditangkap

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12 tahun 2020 Tentang Konsolidasi Bank Umum, sebagai titik awal yang menjadi pintu dari KUB yang merupakan solusi terkait masalah permodalan perbankan. 

Strategi penguatan permodalan Bank Bengkulu telah melakukan perjanjian kerjasama penyertaan modal dalam rangka pembentukkan kelompok usaha Bank dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. 

Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi menyampaikan agar Bank Bengkulu dapat langsung fokus untuk mengembangkan bisnis dan memperkuat sinergi dengan bank bjb. Sehingga, kinerja yang berjalan positif dapat terus ditingkatkan.  

"Dengan sokongan bank bjb, BPD yang bergabung dengan KUB bank bjb tentu akan terdampak positif dalam mengakselerasi kualitas layanannya serta dapat lebih efisien mengenai pengeluaran capital expense melalui penggunaan bersama atas berbagai pengembangan infrastruktur yang telah bank bjb lakukan," ujar Yuddy. 

BACA JUGA:Bupati Kaur, Sekdis Hingga Ketua Forum Kades Bersaksi di Sidang Korupsi Pengadaan Jas Kabupaten Kaur

bank bjb akan terus mendukung Bank Bengkulu untuk memperkuat bisnis dan ekosistem bersama-sama melalui transformasi dan akselerasi digitalisasi sehingga menjadi lebih kuat dan efisien.   

Sinergi dan kolaborasi bank bjb dan Bank Bengkulu dalam rangka pengembangan usaha bersama ini meliputi penggunaan infrastruktur bersama khususnya teknologi informasi, pengembangan sumber daya manusia, likuiditas, pembiayaan bahkan permodalan.

"Yang pasti, sinergi serta kolaborasi yang telah terjalin antara bank bjb dan Bank Bengkulu akan menjadi Pilot Project percontohan dari seluruh Bank Pembangunan Daerah untuk melakukan penguatan permodalan sesuai dengan POJK Nomor 12 tahun 2020," tutupnya. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: