Ini Dia Perkiraan Gaji di Bidang Agroteknologi

Ini Dia Perkiraan Gaji di Bidang Agroteknologi

Prospek jurusan di bidang agroteknologi tidak kalah bagusnya dengan industri startup di era digital.--

12. Perusahaan Pestisida
Sama seperti banyak petani yang membutuhkan benih berkualitas, banyak juga petani yang membutuhkan pestisida untuk meningkatkan hasil panen. Bekerja di perusahaan pestisida tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda, sebab produknya selalu laku di pasaran. Anda akan mendapat gaji kurang lebih Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000.

13. Instansi Pemerintahan
Prospek kerja agroteknologi di instansi pemerintahan masih menjadi dambaan para lulusan agroteknologi. Selain peluang pekerjaannya sangat menguntungkan, Anda pun akan mendapat gaji yang cukup besar. Sebab, rata-rata bekerja di bidang Dinas Pertanian, Balai Penelitian, dan Kementerian Pertanian, selain mendapat gaji pokok juga mendapat tunjangan dan fasilitas lain dengan jumlah yang cukup besar.

14. Pekerja Sosial (Social Worker)
Dengan bekal ilmu sosiologi, komunikasi, dan antropologi, Anda bisa menjalankan profesi sebagai pekerja sosial. Prospek kerja agroteknologi di bidang ini memiliki peran penting untuk menyebarluaskan praktek pertanian sehat dan membangun pertanian agar bisa mencapai skala ekonomi usaha tani yang menguntungkan.

15. Jurnalis Agroteknologi
Bagi Anda yang memiliki kegemaran menulis, prospek kerja agroteknologi sebagai jurnalis agroteknologi di era digital cukup menjanjikan. Anda bisa meninggalkan warisan ilmu pengetahuan dari sudut pandang lain melalui buku, e-book, bahkan dimuat di media online.

BACA JUGA:Terima Sertifikat Sistem HACCP, UMKM Giwigewi Siap Tembus Pasar Luar Negeri

16. Petani
Prospek kerja agroteknologi sebagai petani masih terbuka lebar, selama memang Anda memiliki lahan untuk media tanam. Berbekal ilmu yang Anda dapat selama kuliah, juga dana untuk membeli peralatan modern, tentu usaha pertanian Anda akan semakin berkembang pesat. Penghasilan petani tergantung pada omzet yang ditetapkan sendiri. Jika memang bisa terkontrol dengan baik, penghasilan petani tidak kalah dengan pengusaha sukses lainnya.

17. Ahli Teknik Pertanian
Terdengarnya cukup aneh, lulusan agroteknologi menjadi ahli teknik pertanian. Nyatanya, memang ada prospek kerja jurusan agroteknologi sebagai ahli teknik pertanian. Biasanya tugasnya membuat laporan, mengawasi proyek pertanian, memberikan nasihat, membuat desain mesin pertanian, dan lainnya. Termasuk mengatasi masalah irigasi pertanian, efisiensi mesin pertanian, pengolahan produk pertanian, pencemaran lingkungan di area sekitar lahan, dan lainnya. Gaji yang didapat sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 6.000.000 per bulan.

BACA JUGA:Begini 6 Cara Menghitung Sisa Pokok KPR BTN Terbaru

Itulah 17 prospek kerja agroteknologi yang bisa Anda upayakan kedepannya. Mau berkarir di perusahaan swasta, pemerintahan, NGO, bahkan menjadi pengusaha, pilihan ada di tangan Anda. Yang jelas, jika kualifikasi Anda mumpuni, peluang kesuksesan Anda masih sangat besar. Bahkan ini bisa menjadi sarana Anda berkontribusi kepada pertanian Indonesia agar lebih baik dan semakin banyak minat generasi muda terjun ke dalamnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: