Ide Usaha Sampingan di Rumah yang Bisa Dilakukan Laki-Laki

Ide Usaha Sampingan di Rumah yang Bisa Dilakukan Laki-Laki

pangsa pasar lele yang sangat luas di masyarakat, lele juga merupakan ikan yang mudah beradaptasi di lingkungan dan kondisi cuaca yang berbeda--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bisa mendapatkan penghasilan tambahan adalah keinginan setiap orang. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan. Lalu, usaha apa yang cocok untuk cowok? Untuk mengetahui ide usaha sampingan di rumah untuk laki-laki bisa Anda dapatkan melalui artikel ini. Selamat menyimak!

Ada banyak pilihan usaha sampingan di rumah untuk laki-laki yang bisa menambah penghasilan. Berikut ini beberapa rekomendasi ide usaha sampingan di rumah untuk laki-laki yang bisa Anda coba.

BACA JUGA:Pekerjaan Penuh Resiko Tinggi! Ini Besaran Gaji Kuli Tower di Indonesia

1. Dropshipper
Ide yang pertama adalah salah satu ide bisnis online yang cocok buat laki-laki, dropshipper. Di era teknologi yang menjadikan belanja online semakin menjamur, bisnis online bisa Anda pilih sebagai tambahan penghasilan. Sudah banyak produsen, distributor, atau supplier yang menyediakan sistem dropship.

Menjadi dropshipper tidak perlu dijadikan sebagai pekerjaan utama alias sampingan. Kenapa? Sebab, bisnis online sebagai dropshipper tidak mengharuskan Anda melakukan pengemasan ataupun pengiriman. Jadi, dropshipper adalah sistem penjualan di mana penjual (dropshipper) hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik orang lain secara online.

2. Jasa Isi Pulsa, Listrik, dan Top Up Game
Rekomendasi usaha sampingan di rumah untuk laki-laki selanjutnya adalah agen pulsa. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa membantu Anda untuk menjual pulsa. Tidak hanya pulsa, Anda juga bisa menjual paket kuota, token listrik, top up voucher game, top up e-money, bahkan pembayaran tagihan seperti PDAM atau BPJS.

Aplikasi jual pulsa yang bisa Anda gunakan antara lain adalah Oke Kios, KonterGo, Ayopop, Orderkuota, Unitedpay, PAYFAZZ, KIOSER, Agen Pulsa Termurah, GrabKios by Kudo, Sepulsa, Netzme-Aplikasi Jual Pulsa yang Menguntungkan, Fastpay, UAL Reload Pulsa Paket Data PPOB & Voucher Game, Mitra Tokopedia, dan sebagainya. Selain itu ada peluang lain dengan menyediakan layanan paylater pulsa untuk orang yang ingin membeli pulsa secara kredit atau utang.

BACA JUGA: Sangat Mudah! Begini Tips Jitu Cara Import Barang dari China Tanpa Pakai PT

3. Penulis Artikel Freelance
Menjadi freelance adalah profesi yang banyak dipilih sebagai pekerjaan sampingan. Jika Anda memiliki bakat menulis, Anda bisa mencoba profesi penulis artikel (content writer) freelance sebagai usaha sampingan di rumah. Pekerjaan ini biasanya memiliki sistem WFH (Work From Home) atau WFA (Work From Anywhere) yang artinya bisa Anda kerjakan darimana saja. Jadi, pekerjaan ini tidak mengganggu pekerjaan utama. Anda bisa memasukkan lamaran di perusahaan yang sedang membutuhkan, institut, situs lepas, atau menawarkan jasa melalui sosial media.

4. Sub Agen Gas LPG 3 Kg Pertamina
Sub agen gas LPG juga bisa menjadi usaha sampingan di rumah untuk laki-laki. Anda bisa menjadi pemasok gas LPG untuk toko-toko sekitar. Usaha ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar mengingat kebutuhan gas LPG sangat tinggi.

Usaha sampingan di rumah untuk laki-laki ini juga tidak akan mengganggu pekerjaan utama karena bisa dikerjakan beberapa hari sekali, tidak tiap hari. Biasanya, pihak Pertamina akan memasok gas ke agen sebanyak 2 kali sehari atau sesuai permintaan. Anda bisa langsung menyalurkan ke toko-toko di hari yang sama atau Anda bisa mempekerjakan seseorang untuk melakukan hal tersebut.

BACA JUGA:Begini Cara Investasi Reksadana untuk Pemula

5. Budidaya Lele
Jika Anda memiliki minat di bidang budidaya ikan, Anda bisa mencoba usaha budidaya lele sebagai usaha sampingan di rumah. Selain karena pangsa pasar lele yang sangat luas di masyarakat, lele juga merupakan ikan yang mudah beradaptasi di lingkungan dan kondisi cuaca yang berbeda.

Proses perawatan lele tergolong mudah. Pun panennya bisa lebih cepat dibanding budidaya ikan lainnya. Maka tidak heran jika budidaya lele adalah pilihan tepat sebagai usaha sampingan di rumah untuk laki-laki. Anda tidak perlu mencurahkan tenaga sepanjang hari untuk budidaya lele. Jadi, usaha ini tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda.

Analisa Modal dan Keuntungan

1. Modal dan Keuntungan Bisnis Dropship
Jika ingin menggeluti usaha menjadi dropshipper, Anda tidak perlu memiliki banyak modal atau malah bisa tanpa modal sama sekali. Kenapa? Sebab, Anda hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik orang lain tanpa harus menyetok produk tersebut. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui bisnis dropship ini sekitar 10% sampai 30%. Selain itu, bisnis dropship minim resiko karena Anda tidak menyetok barang. Anda juga tidak perlu repot melakukan pengemasan ataupun pengiriman.

BACA JUGA:Pilih Investasi Tanah Atau Rumah? Mana yang Paling Besar Keunntunganya

2. Modal dan Keuntungan Agen Pulsa
Memulai usaha sampingan di rumah untuk laki-laki menjadi agen pulsa tidak perlu modal banyak. Jika Anda menggunakan aplikasi Oke Kios, minimal deposit yang bisa Anda tambahkan ke saldo hanya Rp 10.000. Untuk aplikasi Agen Pulsa Termurah bisa deposit mulai dari Rp 50.000 untuk mulai berjualan. Aplikasi Sepulsa juga menawarkan minimal deposit hanya Rp 50.000.

Jadi, jika Anda ingin memulai bisnis modal 500.000, menjadi agen pulsa adalah pilihan yang tepat. Bisnis ini juga menjadi usaha yang cocok untuk remaja laki-laki. Selain karena modal yang dibutuhkan hanya sedikit, remaja laki-laki bisa menargetkan teman-teman sebayanya, yang senang bermain game online untuk melakukan top up voucher game padanya.

Anda dapat mengajukan pinjaman 500 ribu langsung cair untuk memulai bisnis ini, sehingga anda tidak perlu mengumpulkan modal terlelbih dahulu. Untuk keuntungan yang bisa didapatkan berbeda di tiap aplikasi. Jika Anda menggunakan aplikasi Sepulsa, rata-rata keuntungan yang bisa Anda dapat adalah Rp 1.500 per transaksi. Untuk aplikasi lain, keuntungan yang bisa didapatkan kurang lebih sama dengan Sepulsa.

BACA JUGA:Polres dan Dishub Kota Bengkulu Razia Gabungan, Kendaraan Mati Pajak Bakal Ditahan

3. Modal dan Keuntungan Penulis Artikel Freelance
Modal yang diperlukan untuk menggeluti bidang usaha ini adalah skill menulis yang bagus dan laptop/komputer/perangkat yang memungkinkan. Penghasilan yang bisa didapat dari pekerjaan ini bisa dengan sistem upah per bulan yang sudah ditetapkan secara paten atau upah per tulisan.

Gaji penulis artikel freelance atau freelance writer berkisar di nominal 2 juta – 4 juta rupiah. Sedangkan jika untuk sistem gaji per tulisan, Anda bisa menghasilkan 100 sampai 250 ribu. Nominal gaji ini berbeda di tiap perusahaan.

4. Modal dan Keuntungan Sub Agen Gas LPG
Tidak seperti 3 ide usaha sampingan di rumah untuk laki-laki yang telah disebutkan di atas, menjadi agen gas LPG butuh modal yang banyak. Anda harus membeli tabung gas dalam jumlah yang banyak, memiliki tempat, memiliki kendaraan untuk mengangkut gas, dan lain sebagainya. Selain itu, proses administrasi yang harus dilalui cukup susah.

Inilah perkiraan modalnya:
- 100 tabung 3 kg + gas dengan harga satuan Rp 155.000, maka totalnya adalah Rp 15.500.000.
- 50 tabung 3 kg kosong dengan harga satuan Rp 140.000, maka totalnya adalah Rp 7.000.000.
- 1 buah APAR 3,5 kg dengan harga satuan Rp 55.000, maka totalnya adalah Rp 550.000.
- 1 buah timbangan 10 kg dengan harga satuan Rp 135.000, maka totalnya adalah Rp 135.000.
- 1 buah papan nama dengan harga satuan Rp 250.000, maka totalnya adalah Rp 150.000.

BACA JUGA:Syarat Mudah dan Gampang Kredit Motor Lewat Bank Mandiri 2024

Total keseluruhan usaha sampingan di rumah untuk laki-laki dengan menyediakan tabung gas 3 kg dan berbagai kebutuhan tambahan lainnya adalah Rp 23.485.000. Untuk bangunan sebagai tempat penyimpanan gas sudah tidak masuk dalam hitungan di atas ya. Begitupun dengan kendaraan. Anggap saja, Anda tidak perlu menyewa tempat dan kendaraan untuk mengantar gas ke pengecer.

Bagaimana dengan keuntungannya? Dari banyaknya modal yang ada, biasanya pihak Pertamina akan menjual ke agen sebesar Rp 17.000 per tabung dan Anda bisa menjual ke pengecer sebesar Rp 20.000 per tabung. Itu berarti keuntungannya bisa Rp 3.000 per tabung.

Jika per hari Anda bisa menjual 50 tabung per hari dan konsisten selama 30 hari, maka sebulan Anda bisa mendapatkan keuntungan Rp 4.500.000. Sebab tidak menampik seorang sub agen biasanya bisa menjual dalam jumlah yang besar setiap harinya.  

5. Modal dan Keuntungan Budidaya Lele
Perkiraan modal awal yang harus Anda siapkan untuk budidaya 1.000 ekor lele antara lain adalah.
- Benih 1.000 ekor : Rp 250.000
- Terpal : Rp 100.000
- Pakan (90 kg) : Rp 450.000
- Vitamin : Rp 200.000
- Bambu dan perlengkapan : Rp 100.000
- Lain-lain : Rp 100.000
TOTAL : ± Rp 1.200.000

BACA JUGA:Bank Indonesia Bengkulu Siapkan Uang Tunai Rp 2 T Selama Ramadan Hingga Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: