DAK Fisik Minim, Diknas Kota Bengkulu Hanya Bisa Bangun Beberapa Sekolah

DAK Fisik Minim, Diknas Kota Bengkulu Hanya Bisa Bangun Beberapa Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Bengkulu-Foto: istimewa-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Pendidikan untuk sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Bengkulu tahun 2024 tersedia sebesar Rp6,9 miliar. 

Jumlah ini lebih kecil dari tahun sebelumnya dan akan hanya ditujukan ke beberapa sekolah saja di Kota Bengkulu. 

"DAK Fisik Pendidikan tahun ini memang banyak berkurang dari tahun lalu, nilainya hanya sekitar Rp6,9 miliar," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu, A Gunawan Kamis 29 Februari 2024.

Gunawan mengungkapkan anggaran tersebut diperuntukan bagi perbaikan sarana dan prasarana laboratorium, WC sekolah, dan lainnya. 

BACA JUGA:Viral Video Keluarga Pasien Tak Dilayani, Dirut RSDH Sebut Pasien Sedang Diproses Rujuk RSMY

Serta akan digunakan untuk pembelian alat peraga kesiswaan dalam mendukung proses belajar mengajar.

Ia berharap pada realisasi pelaksanaan DAK fisik pendidikan tahun 2024 ini bisa berjalan sesuai dengan usulan dan perencanaan sehingga hasil pembangunan bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung pendidikan di Kota Bengkulu.

"Kita harap realisasi bisa sesuai perencanaan dan usulan yang ditetapkan," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Kanwil DJPb Bengkulu Bayu Andy Prasetya mengatakan tahun ini Kota Bengkulu menerima DAK Fisik sebesar Rp76,17 miliar sedangkan pada 2023 Rp44,41 miliar. 

Bayu berharap, dengan adanya alokasi DAK Fisik, Pemda dapat fokus dalam pembangunan Provinsi Bengkulu menjadi maju baik dari kesejahteraan masyarakat dan juga infrastruktur yang mendukungnya.

BACA JUGA:Menyikapi Lonjakan Harga Beras, Gubernur Bengkulu Koordinasi dengan Tim Satgas Pangan dan Bulog

"Harapannya bisa menjadi langkah peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, penguatan daya saing usaha," terang dia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: