Puncak Suroloyo, Tempat Tinggal Para Batara Di Cerita Pewayangan Rakyat Yogyakarta

Puncak Suroloyo, Tempat Tinggal Para Batara Di Cerita Pewayangan Rakyat Yogyakarta

Puncak Suroloyo, Tempat Tinggal Para Batara Di Cerita Pewayangan Rakyat Yogyakarta -Akun Insatagram @purworejozone-


Puncak Suroloyo, Tempat Tinggal Para Batara Di Cerita Pewayangan Rakyat Yogyakarta -Akun Insatagram @purworejozone -

Sebelum menjadi raja mataram dengan gelar sultan agung raden mas rangsang bertapa dan mendapat wangsit di puncak suroloyo.

Oleh karena itu beliau memberikan dua pusaka pada warga suroloyo penjelasan yang di ukir dari buku legenda dan mitos wista di pilau jawa terbitan kompas.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Danau Tempe di Wajo Sulawesi Selatan, Daya Tarik, Harga Tiket dan Jam Operasional     

Upacara jamasan pusaka masih berlamgsung hingga sekarang masyarakat percaya dengan melakukan upacara ini panen di ladang akan semakin baik bahkan seperti teh dan kopi yang dulu nya redup di kulon progo.

Jamasan pusaka di awali dengan kirab pusaka tombak kiai manggolo murti songsong kiai manggala dewa perjalanan di mulai dari rumah dukuh keceme desa gerbosari.

Di pagi hari warga yang sebagian anak muda sudah berdandan seperti pregada (prajurit) keraton yogyakarta.bila upacara di keraton bregada berjumlah 10 orang dan di desa hanya berjumlah 2 orang bregada.

Ketika acara di mulai tombak kiai manggolo murti dan songsong kiai manggala dewa di arak keliling desa di iringi musik tradisional. Kirab berakhir di kawidodaren puska dimandikan gunungan yang mahakuasa diperebutkan oleh warga.

 BACA JUGA:Destinasi Wisata Danau Tempe di Wajo Sulawesi Selatan, Daya Tarik, Harga Tiket dan Jam Operasional

Dibuka selma 24 jam puncak suroloyo pengunjung harus memilih waktu utnuk mendapat pemandangan semaksimal mungkin agar dapat menyaksikan sunrise.

Untuk mendapat pemandan sunrise pengujung di saran kan untuk samoai di puncak suroloyo pada pukul 05.30 WIB dan utnuk mendapatkan pemandangan sunset di sarankan untuk sampau di puncak suroloya pada pukul 17.00 WIB.

Namun perlu pengunjung ketahui, tidak ada penginapan atau villa di puncak hanya ada penginpan di bagian bawah yang bisa di jadikan pilahan untuk menginap.

Fasilitas wisata puncak suroloyo terbilang cukup lengkap seperti mushola,kamar mandi, 3 pendopo untuk menyaksikan prmandangan,warung dan kios. Pengunjung hanya perlu membayar Rp.6.000 per orang serta parkir motor Rp.2.000 dan mobil Rp.5.000 

Wisata menarik di kulon progo pemandangan bak kayangan puncak suroloyo bisa menjadi daftar destinasi wisata yang harus kamu kunjungi selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: