Tempe Benguk, Kuliner Legendaris Magelang yang Terbuat dari Kacang Koro

Tempe Benguk, Kuliner Legendaris Magelang yang Terbuat dari Kacang Koro

Tempe Benguk yang di masak besengek-Akun Instagram @bunda_didi-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tidak kenal tempe, panganan yang satu ini hampir selalu ada di meja makan. Biasanya tempe dibuat menggunakan kacang kedelai, namun apakah kamu tahu kalau ada tempe yang diolah dari bahan lain?

Ada jenis tempe yang tidak menggunakan kacang kedelai sebagai bahan utama pembuatannya. Penasarankan? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Tempe yang tidak menggunakan kedelai sebagai bahan utamanya adalah Tempe Benguk. Nah, Tempe Benguk merupakan tempe yang bahan dasarnya dari kacang koro Benguk. Kata Benguk dalam KBBI berati kacang kara yang besar dan berbulu. Kacang kara biasa disebut koro dalam penyebutan bahasa Jawa

Pada zamannya, Tempe Benguk ini sangat populer di wilayah Kulonprogo dan Magelang. Bahkan tempe ini sudah populer sejak 1965 saat Indonesia mengalami krisis tempe.

BACA JUGA:Tergeser Makanan Kekinian, Pais Jajanan Tradisional Khas Kalimantan Selatan yang Mulai Terlupakan

Seperti yang dijelaskan diawal, Tempe yang satu ini terbuat dari kacang koro. Kacang koro sendiri merupakan jenis kacang-kacangan yang banyak digunakan untuk pakan ternak. Namun, kacang ini tak jarang juga digunakan sebagai menu makanan sehat seperti Tempe Benguk.

Kacangnya sendiri memiliki ukuran yang besar dan sedikit keras. Meski begitu, kacang ini bisa menjadi salah satu sumber asupan protein nabati.  Selain itu, kacang koro juga memiliki banyak khasiat seperti menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan pencernaan dan jantung.

Hal yang perlu kamu ketahui, pengolahan kacang koro  untuk menjadi tempe sendiri tidak bisa sembarangan. Membutuhkan kehati-hatian saat proses pembuatannya. Kacang koro benguk harus direndam terlebih dahulu sekitar 2 hari untuk meghilangkan bau apek pada kacang dan melunakkan teksturnya.

Selain itu, tujuan lain dari merendam selama sekitar 2 hari adalah untuk menghilangkan kandungan HCl yang ada dalam biji ini. Jadi jika belum mahir dalam pengolahan bisa menjadi racun bagi tubuh, tapi jika pengolahan dilakukan oleh orang yang sudah ahli rasa dari kacang ini akan sangat nikmat dan istimewa.

BACA JUGA:Berburu Kuliner di Teras Braga Bandung, Makan Sambil Menikmati Keramaian Jalan Braga

Seperti tempe kedelai, Tempe Benguk dapat diolah menjadi ragam makanan. Namun di daerah Kulon Progo sendiri, tempe ini menjadi khas karena dimasak besengek.

Besengek sendiri merupakan pengolahan yang hampir mirip dengan bacem, namun dalam besengek ada penggunaan santan. Jadi setelah direbus menggunakan air hingga empuk. Air dibuang dan dimasak dengan santan dan campuran bumbu yang lainnya hingga santannya mengental

Hal ini membuat rasa dari makanan ini terasa sangat gurih dan ada sedikit rasa manisnya. Disajikan saat hangat akan terasa lebih nikmat.

Itulah ulasan singkat mengenai tempe benguk. Jadi, jika kamu berkujung ke Kulon Progo kamu wajib coba kuliner khas yang satu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: