Mengintip Sejarah Desa Pentingsari, Desa Wisata di Lereng Gunung Merapi Yogyakarta

Mengintip Sejarah Desa Pentingsari, Desa Wisata di Lereng Gunung Merapi Yogyakarta

Desa Pentingsari Yogyakarta-Akun Insatagram @outdoorjogja -

BENGKULUEKSPRESS.COMDesa Pentingsari merupakan desa yang berkembang di wilayah Yogyakarta lokasinya berada di kawasan lereng Gunung Merapi tepatnya berada di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Desa Pentingsari cocok dijadikan referensi liburan keluarga karena menyuguhkan suasana pedesaan yang membuat orang tua bernostalgia pada jamannya dan kamu bisa mengajarkan dan mengenalkan tradisi dan kearifan lokal yang menjadi adat di Desa Pentingsari. 

Desa Pentingsari menyuguhkan wisata berupa pembelajaran serta interaksi budaya, alam, dan tradisi yg masih terjaga di Desa Pentingsari seperti perkebunan, seni dan lingkungan hidup dengan suasana pedesaan mengingat desa penting sari terletak di lereng gunung merapi.

BACA JUGA:Wisata Edukasi Lembah Indah Malang Malang, Berwisata Sembari Belajar Menanam Sayuran dan Berternak Hewan

Desa Wisata Pentingsari dikelilingi oleh pesona alam yang memukau, termasuk perbukitan, sawah, dan sungai. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang indah dan udara segar di sekitar desa.

Di balik keberdaannya yang menjadi desa wisata favorit hingga saat ini sejarah desa wisata Pentingsari dimulai pada tahun 1990an. 


Desa Pentingsari Yogyakarta-Akun Insatagram @saudaraadidin-

Desa ini dulu dikenal sebagai dusun miskin di antara pedesaan di lereng gunung merapi ekonomi serta pendapatan yang rendah, kehidupan yang sederhana,serta kondisi desa cukup terpencil dikarenakan sulit nya akses menuju desa.

BACA JUGA:Air Terjun Leke-leke, Dianggap Suci oleh Masyarakat Kecamatan Baturiti Bali, Tersembunyi dan Jarang Terjamah

Hal inilah yang membuat masyarakat tidak berdiam diri, dengan semangat gotong royong melestarikan alam,budaya,dan kearifan lokal dengan memanfaatkan pembelajaran dari tokoh generasi sebelumnya.

Dengan semangat, kerja keras dan gotong royong masyarakat telah membuahkan hasil kekayaan alam, hasil bumi dan kebudayaan masyarakat yang tetap terjaga walaupun sosial masyarakat belum terbuka dengan dunia luar.


Desa Pentingsari Yogyakarta-Akun Insatagram @tomywongjowo-

Di awal 2008 masyarakat ingin membangun harapan melangkah perlahan dengan harapan sosial, ekonomi, budaya desa meningkat tapi tetap menjaga tradisi, budaya dan kearifan lokal masyarakat serta interaksi baik dengan masyarakat luar 

BACA JUGA:Pantai Goa Cina dan Legenda Hing Hook, seorang Pemuda Tionghoa yang Bersemedi Hingga Akhir Hayat di Goa Cina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: