Air Terjun Leke-leke, Dianggap Suci oleh Masyarakat Kecamatan Baturiti Bali, Tersembunyi dan Jarang Terjamah

Air Terjun Leke-leke, Dianggap Suci oleh Masyarakat Kecamatan Baturiti Bali,  Tersembunyi dan Jarang Terjamah

Air Terjun Leke-leke-Pinterest-

BENGKULUEKSPRSS.COM - Air Terjun Leke-leke merupakan salah satu destinasi wisata Air Terjun yang ada di Bali. Air Terjun Leke-Leke menjadi unik karena berada tengah hutan yang sepi sehingga menawarkan pesona kedamaian dan suasana yang sejuk.

Air Terjun Leke-leke terletak di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 32 meter, dua sisi air terjun ini diapit oleh tebing tinggi yang dilingkupi pepohonan, dan berada di kawasan Gunung Sanghyang sehingga menambah kesan tersembunyi, jarang terjamah, dan terjaga keasriannya.

Jika dilihat dari dekat, Air Terjun Leke-leke memiliki titik jatuhnya air di sebuah cerukan yang nampak seperti gua, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. 

BACA JUGA:Bermain dan Mencoba Berbagai Wahana di The Lawu Park Jawa Tengah

Selain itu, Air Terjun Leke-leke memiliki air yang jernih sehingga jika dilihat dari kejauhan tampak berwarna kebiruan, selain bermain air, lanskap memukau yang ada di air terjun ini sudah menjadi langganan spot berfoto, baik oleh turis lokal maupun mancanegara.

Meski cukup tinggi, debit air terjun di Leke-Leke tidak terlalu besar. Sehingga pengunjung bisa dengan santai melakukan aktivitas seperti berenang di sekitaran air terjun dengan kondisi air yang tenang.

Air Terjun Leke-Leke dipercaya oleh masyarakat Baturiti sebagai tempat suci. Oleh karena itu air terjun ini juga diyakini dapat membersihkan jiwa dan hati. Tak heran, jika di sekitar pusat air terjun juga akan ditemui genah, atau tempat bagi umat Hindu melakukan ritual melukat atau meruwat.


Air Terjun Leke-leke-Pinterest-

BACA JUGA:4 Destinasi Wisata Terbaik di Tahura Djuanda Bandung, Eksplore Wisata Sejarah dan Wisata Alam

Konon, untuk menjaga kesucian Air Terjun Leke-leke pengelola membuat larangan memasuki air terjun bagi wisatawan perempuan yang sedang dalam masa menstruasi, lantaran dianggap akan mengotori kesuciannya.

Tak sulit mencapai Air Terjun Leke-Leke,rutenya dari pusat Denpasar objek wisata ini berjarak sekitar 50 kilometer dan kebetulan searah dengan objek wisata populer lain seperti Danau Beratan Bedugul.

Air terjun yang dikenal dengan nama Kipuan Kebo ini dahulu dipergunakan sebagai tempat mandi dan minum kerbau. Lalu berganti nama menjadi Air Terjun Leke-Leke yang berasal dari lokasi air terjun ini yang sukar ditemui dan akses jalannya yang berliku-liku, sehingga oleh warga sekitar diberi nama Leke-Leke.

Di sepanjang jalan, Anda akan melalui kawasan pedesaan serta perkebunan milik warga. Terlebih dulu memarkirkan kendaraan di lahan yang sudah disediakan, pengunjung nantinya perlu melakukan perjalanan kaki selama 20 menit melewati jalan setapak, dan biasanya didampingi oleh warga lokal untuk bisa sampai ke titik Air Terjun Leke-Leke.

BACA JUGA:Ini Dia Pantai Favorit Presiden Soekarno Saat Berada di Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: