Masuk Musim Penghujan, BPBD Siapkan Personel Khusus Siaga Bencana

Masuk Musim Penghujan, BPBD Siapkan Personel Khusus Siaga Bencana

Salah satu lokasi banjir di kelurahan Rawa Makmur Kota Bengkulu-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sehubungan dengan masuknya musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu menyiagakan 24 personel. 

Untuk mengantisipasi kemungkinan dampak buruk bencana banjir di beberapa daerah rawan banjir terkhusus di beberapa wilayah Kota Bengkulu.

Kepala BPBD Kota Bengkulu, Will Hopi, menyampaikan bahwa tim siaga BPBD, saat ini sudah siap siaga. 

Tim tersebut pun selama 2 hari ini telah berada di lapangan untuk memantau kondisi dan apa yang dibutuhkan masyarakat yang sudah terdampak banjir beberapa hari lalu. 

BACA JUGA:Musrenbang di Kecamatan Ratu Samban, Prioritaskan Program yang Bahagiakan Masyarakat

"Kita sudah membagi 3 kelompok, masing-masing terdiri dari 8 personel, mereka sudah menyiapkan mobil, perahu karet, tenda, dan kebutuhan lainnya, untuk siaga terhadap kemungkinan Kota Bengkulu kembali digenangi banjir," Ujarnya, (6/2/2024). 

Will Hopi menerangkan, berdasarkan peta titik rawan banjir milik BPBD, daerah rawan banjir meliputi Kecamatan Sungai Serut, Kecamatan Muara Bangkahulu, dan Kecamatan Ratu Agung. 

Masyarakat diharapkan tetap waspada terhadap hujan deras yang berpotensi menyebabkan banjir, terutama dalam mengamankan barang-barang mudah rusak seperti TV, kulkas, dan perabotan lainnya.

Masyarakat juga diimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, terutama membersihkan saluran air atau drainase yang mungkin tersumbat, guna mengantisipasi terjadinya banjir pada musim penghujan.

BACA JUGA:Musrenbang di Kecamatan Ratu Samban, Prioritaskan Program yang Bahagiakan Masyarakat

"Masyarakat perlu untuk memastikan lingkungan selalu bersih terutama terkait drainase atau seiring yang ada di lingkungan, jangan buang sampah sembarangan," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: