Tips Jitu Mengatasi Kaca Mobil Retak Kena Batu Kerikil di Jalan

Tips Jitu Mengatasi Kaca Mobil Retak Kena Batu Kerikil di Jalan

Lem khusus kaca yang banyak di jual di toko-toko bangunan juga dianggap efektif untuk mengatasi kaca mobil yang retak--

1. Menggunakan Cairan Khusus Kaca Retak
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kaca yang retak adalah menggunakan cairan khusus yang berfungsi mengisi retak pada kaca. Cairan seperti ini banyak dijual di toko perawatan mobil atau toko online dengan harga yang masih terjangkau. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan cairan tersebut pada retak dan biarkan mengering. Setelah mengering, retak pada kaca mobil akan hilang seketika.

2. Pakai Campuran Baking Soda
Baking soda yang dicampur dengan air juga dianggap bisa mengatasi kaca mobil yang retak halus. Caranya, campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta, lalu oleskan pasta tersebut pada permukaan kaca yang retak dan biarkan mengering selama beberapa jam.  Setelah mengering, bersihkan dengan air dan lap, maka retak pada kaca mobil pun akan hilang.

BACA JUGA:Benarkah Minum Kopi Bisa Memicu Vertigo?

3. Pakai Lem Kaca
Lem khusus kaca yang banyak di jual di toko-toko bangunan juga dianggap efektif untuk mengatasi kaca mobil yang retak. Cara penggunaannya cuku oles lem tersebut pada bidang retakan di kaca lalu biarkan mengering dalam beberapa jam. Jika sudah kering, bersihkan lagi permukaan kaca dengan air dari sisa-sisa lem yang berlebihan, sampai retakan kaca terlihat menghilang.

Berapa Lama dan Biaya Ganti Kaca Depan Mobil?
Apabila retakan kaca ternyata tak bisa diperbaiki dengan cara-cara yang sudah kami sebutkan tadi, maka mau tidak mau seluruh kaca depan harus diganti. Tentunya biaya penggantian kaca depan mobil ini bervariasi tergantung jenis dan tipe kendaraannya.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Pilihan Obat Nyeri Otot dan Sendi yang Ampuh di Toko Obat

Misalnya untuk kaca depan Honda Brio harganya berkisar Rp950.000 hingga Rp1 jutaan, kemudian untuk kaca depan mobil tipe hatchback seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz, harganya di kisaran Rp1 jutaan hingga Rp1,2 jutaan. Sementara untuk mobil jenis MPV seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, atau Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, harganya mulai dari Rp900 ribuan hingga Rp1,5 jutaan.

Perlu diketahui, harga-harga ini cuma untuk kacanya saja belum termasuk biaya bongkar pasang perangkat tersebut. Untuk biaya bongkar pasang sendiri pastinya akan sangat bervariasi tergantung jenis kendaraannya, terutama untuk mobil-mobil yang di kaca depat ditambah perangkat kamera atau radar untuk sistem ADAS, maka proses bongkar pasang lebih rumit. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: