Biar Gak Panik! Begini Cara Menghilangkan Rasa Takut Menyetir Mobil

Biar Gak Panik! Begini Cara Menghilangkan Rasa Takut Menyetir Mobil

Mengatasi rasa takut mengemudi membutuhkan kesabaran dan waktu. Oleh karena itu, jangan terlalu keras pada diri sendiri ketika merasa cemas atau membuat kesalahan saat menyetir mobil.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Seringkali orang merasa gugup dan takut saat pertama kali belajar menyetir mobil. Rasa takut umumnya berasal dari antisipasi beberapa hal, salah satunya ketakutan akan risiko kecelakaan. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara menghilangkan rasa takut menyetir mobil.

BACA JUGA:Musim Hujan Tiba, Yuk Pilih Pembersih Kaca Mobil Terbaik

1. Hindari Mengemudi Sendirian
Salah satu faktor yang memicu rasa gugup adalah Mengemudi sendirian. Apabila masih merasa takut selama beberapa minggu pertama, cobalah melakukan perjalanan singkat dengan orang lain dalam kendaraan. Mengemudi bersama orang lain dapat membantu pengemudi tetap santai selama perjalanan. Setelah terbiasa Mengemudi, pengemudi bisa mulai melakukan perjalanan singkat sendiri.

BACA JUGA:Musim Hujan Tiba, Yuk Pilih Pembersih Kaca Mobil Terbaik

2. Belajar Mengemudi dari Orang Profesional
Belajar mengemudi dari seorang profesional bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghilangkan rasa takut menyetir mobil. Ahli dalam bidang mengemudi tentu memahami cara menghadapi pengendara pemula. Seorang profesional dapat memberikan tips dan saran guna meningkatkan keterampilan dalam mengendarai mobil.


3. Melakukan Visualisasi Positif
Gunakan teknik visualisasi positif saat berlatih mengemudi untuk mengurangi rasa takut dan gugup. Bayangkan diri sendiri mengemudi dengan rasa percaya diri. Latih pikiran untuk mengemudi dengan perasaan positif.

BACA JUGA:Benarkah Minum Kopi Bisa Memicu Vertigo?

4. Pahami Fungsi Setiap Komponen Kendaraan
Sebelum mengendarai mobil, pahami terlebih dahulu setiap komponen pada bagian kabin beserta fungsinya. Misalnya, bagian pedal di bawah kabin berfungsi untuk melakukan manuver, tuas transmisi berfungsi sebagai pengatur tenaga dan kecepatan kendaraan, serta rem berfungsi mengurangi kecepatan kendaraan. Mengenal seluruh komponen pada kabin tentu mampu mengurangi rasa takut saat mengemudi.

BACA JUGA:Insya Allah Rezeki Lancar dan Berkah, Gus Baha Sarankan Baca Doa Ini

5. Atur Posisi Duduk yang Nyaman Sebelum Berkendara
Sebelum mengemudikan mobil, atur terlebih dahulu posisi duduk. Posisi duduk yang nyaman tentu membuat suasana mengemudi lebih tenang. Sesuaikan ketinggian kursi dengan kebutuhan agar jarak pandang ke jalan tidak terhalang dashboard. Selain itu, sesuaikan jarak posisi tempat duduk dengan pedal gas, rem, dan kopling. Jangan sampai posisi jok terlalu jauh dan kesulitan untuk menginjak pedal.


6. Mulai Berlatih Mengemudi di Lingkungan yang Nyaman
Sebagai tahap awal, mulailah berlatih mengemudi di lingkungan yang nyaman dan tidak terlalu ramai. Misalnya, seperti area parkir, jalan sepi, atau jalanan di sekitar perumahan. Setelah terbiasa menjelajahi jalanan yang lebih sepi, pemula bisa mulai menjelajahi jalan yang lebih ramai.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Pilihan Obat Nyeri Otot dan Sendi yang Ampuh di Toko Obat

7. Berkendara di Siang Hari
Salah satu hal yang harus dihindari bagi pengemudi pemula adalah mengemudi di malam hari. Pemula akan lebih khawatir saat mengemudi di malam hari, karena objek seperti hewan, kendaraan, atau orang akan lebih sulit terlihat. Lakukan latihan mengemudi di siang hari hingga terbiasa. Setelah bisa mengatasi ketakutan mengemudi di siang hari, tentu pengemudi pemula akan lebih mudah menaklukan rasa takut mengemudi di malam hari.

BACA JUGA:Ini Dia Ciri dan Tanda Penyakit Tetanus, Serta Cara Mengobatinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: