Jadi Penerus Starlet! Inilah Sejarah Toyota Yaris di Indonesia

Jadi Penerus Starlet! Inilah Sejarah Toyota Yaris di Indonesia

Toyota Indonesia kembali memberikan update terhadap Yaris pada 2021.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sejarah Toyota Yaris di Indonesia menarik untuk dibahas terlebih bagi kalian yang menyukai sebuah mobil hatchback. Yaris sendiri disebut-sebut merupakan suksesor atau penerus dari Toyota Starlet yang terakhir kali meramaikan kancah otomotif Tanah Air pada tahun 1998.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah! Ini Perbedaan Spooring dan Balancing Ban Mobil

Tak hanya Indonesia, sebenarnya Yaris juga di pasarkan di beberapa negara di kawasan Eropa, Amerika Utara, Australia, Selandia Baru, dan Asia.


Sejarah Toyota Yaris Dimulai pada 2006
Toyota Yaris pertama kali diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) di Tanah Air pada tahun 2006 dengan memiliki kode bodi NCP91. Memiliki bentuk bodi membulat, generasi pertama Yaris di Indoensia mempunyai julukan Yaris bakpao.

BACA JUGA:Jangan Asal Pasang Lampu Tembak Buat Mobil, Awas Wattnya Jangan Kebesaran!

Sebagai pesaing utama Suzuki Swift, Honda Jazz, Ford Fiesta, Mazda2 dan juga Hyundai Grand i20, keberadaan generasi pertama Yaris di Indonesia saat itu diimpor secara utuh dari Thailand. Hadir dalam tiga varian, yakni J, E dan S, Yaris bakpao sempat mengalami dua kali penyegaran, yang pertama pada 2009 dan selanjutnya 2012.

Di pasarkan hingga 2013, pada versi improvement yang kedua mobil ini ketambahan varian S Limited dan menjelang peralihan ke generasi keduanya, mobil ini mendapat tambahan varian TRD Sportivo yang tampil lebih sporty serta disematkannya body kit.

BACA JUGA:Tips Cara Aman Berkendara di Jalan Tol Lintas Kota, Waspada Mata Terhipnotis

Bicara fitur keselamatannya, varian E nya ini dibenamkan dengan fitur berupa dual SRS airbag, rem cakram di depan dan rem tromol di belakang. Guna memberikan perlindungan lebih terhadap penggunannya, pada sistem pengeremannya tersebut mendapatkan tambahan berupa Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan terakhir Brake Assist (BA).

Pada varian atas, Yaris NCP91 sudah dilengkapi dual SRS airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) serta rem cakram di semua roda. Untuk fitur unggulan mobil ini berhasil mendapatkan head unit 2din dengan 6 speaker, keyless entry, spion elektrik dengan pelipatan otomatis, dan laci penyimpanan barang dengan jumlah banyak.

BACA JUGA:Tips Mudah Share Screen WhatsApp Melalui HP dan PC

Dari segi performa Yaris bakpao dibekali mesin 1NZ-FE DOHC VVT-i 4-silinder segaris, DOHC 16 valve 1.497 cc yang dapat memeras tenaga sebesar 109 PS di 6.000 rpm dan torsi 142 Nm pada 4.200 rpm yang dipadukan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Toyota Yaris Lele Meluncur pada 2014
Generasi kedua Toyota Yaris dengan kode XP150 resmi diluncurkan di Indonesia pada 2014. Pada generasi keduanya yang di pasarkan hingga 2018, mobil ini memiliki julukan Yaris lele karena pada bagian depannya yang berbentuk pipih memanjang menyerupai hewan bertubuh licin tersebut.

BACA JUGA:Mau Jadi CapCut Creator Terbaru Tahun 2024? Begini Caranya

Tidak seperti Yaris sebelumnya yang diimpor langsung dari Thailand, Yaris lele menyandang status CKD (Completely Knocked Down) dengan memuat kandungan komponen lokal sebanyak 60 persen. Dibuat di pabrik perakitan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di Karawang Barat, Jawa Barat, generasi kedua Yaris di Tanah Air dijajakan hingga 2018 dengan membawa tiga varian berbedam yakni;  E, G, dan TRD Sportivo.


Bicara soal fitur, Yaris lele lebih lengkap dibanding model sebelumnya. Seperti yang bisa dilihat didalamnya berhasil mendapatkan dual SRS Airbag, ABS, EBD, BA, power retractable mirror, tilt steering, engine start/stop button, serta steering wheel audio control switch, kemudian Toyota Navigation (GPS)dan koneksi internet pada headunit melalui WiFi di tipe G dan TRD. Untuk sistem hiburannya pun sudah menggunakan head unit layar sentuh 7 inci yang dipadukan dengan 6 speaker.

Yaris Heykers
Pada 2018 PT TAM meluncurkan Toyota Yaris Heykers merupakan versi crossovernya. Dibandingkan versi biasa, Heykers ketambahan roof rail dan over fender. Untuk performa yang dihasilkan, mobil ini menggunakan mesin serta transmisi yang sama seperti generasi sebelumnya.

BACA JUGA:Minimum 1 Gram, Begini Cara Tarik Emas Fisik Dari DANA eMas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: