Pantai Jelangkung di Desa Gajahrejo Malang, Simak Asal Usul dan Keindahan Panoramanya

Pantai Jelangkung di Desa Gajahrejo Malang, Simak Asal Usul dan Keindahan Panoramanya

Pantai Jelangkung adalah sebuah destinasi wisata pantai yang terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur-Akun Insatagram @yoiki_malang -

Dimana masyarakat setempat percaya bahwa terdapat sebuah kerajaan di wilayah kawasan pantai Jelangkung. Pulau tersebut tercipta akibat adanya kisah percintaan Putri kerajaan dan rakyat jelata. 

Putri dari kerajaan tersebut jatuh cinta dengan seorang pemuda biasa. Namun sayang, cinta mereka tidak dapat bersama selama-lamanya karena adanya perbedaan kasta. 

Oleh karena itu, sang pemuda bunuh diri di pantai, dan di ikuti oleh kekasihnya putri kerajaan.

BACA JUGA:Habiskan Biaya 1 Juta Gulden, Masjid Megah di Medan Ini Dirancang Arsitek Belanda

Nah, legenda tragis kematian keduanya kemudian diangkat menjadi sebuah tradisi yang dilestarikan oleh masyarakat lokal sekirat dengan tradisi yang dikenal sebagai "Jelangkung". 

Warga lokal mengangkatnya menjadi tradisi guna untuk menghormati arwah sang pemuda dan putri dengan membuat patung dari kayu yang menyerupai dengan sosok perawakan tubuh pemuda dan putri tersebut. 

Setelah patung patung kayu dibuat, patung akan di arak pada malam tertentu sampai tepi pantai dan dibakar. Hingga kini tradisi ini masih dilakukan oleh warga lokal untuk memelihara kebudayaan yang sudah dilakukan sejak dahulu. 


Pantai Jelangkung adalah sebuah destinasi wisata pantai yang terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur-Akun Insatagram @lingkarmalang -

Daya Tarik Pantai Jelangkung 

Saat berkunjung ke Pantai Jelangkung, sebelum tiba dari kejauhan terlihat pantai ini dibentengi oleh hijaunya perbukitan di sisi kanan dan kiri. 

BACA JUGA:Air Terjun Munduk, Konon Airnya Bisa Menyembuhkan Penyakit Kulit dan Bikin Awet Muda

Pengunjung akan disambut dengan pemandangan alam yang menawan. keindahan Pantai Jolangkung tidak perlu diragukan lagi karena keindahannya membuat pantai ini menjadi salah satu pilihan wisata liburan untuk keluarga dan orang-orang tersayang. 

Selain menawarkan keindahan alamnya, seperti kebanyakan aktivitas di pantai yang lain, Pantai Jelangkung juga menawarkan aktivitas menarik. 


Pantai Jelangkung adalah sebuah destinasi wisata pantai yang terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur-Akun Insatagram @yoiki_malang -

Pengunjung bisa menjelajah sembari mengagumi pesona alam dengan kegiatan yang menyenangkan di pantai ini. Berjalan ditepi pantai sembari menikmati keindahan Pantai Jelangkung memberikan kesan menenangkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: