Rezeki Masih Seret dan Sulit, Berikut 12 Penyebabnya yang Harus Dihindari

Rezeki Masih Seret dan Sulit, Berikut 12 Penyebabnya yang Harus Dihindari

12 Penyebab Rezeki seret dan sulit-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

"Rasulullah SAW bersabda: "Bersedekahlah kamu dan jangan menghitung-hitung, karena Allah akan menghitung-hitung pula pemberian-Nya kepadamu. Dan janganlah kikir, karena Allah akan kikir pula kepadamu,".

Dalam hadits lain Rasulullah SAW juga bersabda yang artinya:

"Bersedekahlah kamu dan jangan menghitung-hitung, karena Allah akan menghitung-hitung pula pemberian-Nya kepadamu," (HR Muslim).

Jelas bahwa melalui hadits-hadits tersebut, Rasulullah SAW dengan tegas memperingatkan akan bahaya sifat kikir ini. Salah satu bentuk balasan atas sifat tersebut adalah perhitungan Allah dalam memberikan rezeki kepada hamba-Nya, yang juga menjadi salah satu penyebab rezeki menjadi terbatas.

4. Mengabaikan Anak Yatim

Penyebab lain dari rezeki yang terhambat adalah ketika seseorang mengabaikan atau tidak memperhatikan anak yatim. Padahal, baik Allah maupun Rasul-Nya selalu menegaskan pentingnya memperhatikan anak yatim ini. Di samping itu, dalam beberapa seruan, Allah juga menekankan perlunya perhatian terhadap fakir miskin.

Salah satu dalil yang menegaskan hal ini terdapat dalam Surah Al-Baqarah ayat 220 yang berbunyi:

وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْيَتَٰمَىٰ ۖ قُلْ إِصْلَاحٌ لَّهُمْ خَيْرٌ ۖ وَإِن تُخَالِطُوهُمْ فَإِخْوَٰنُكُمْ ۚ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ ٱلْمُفْسِدَ مِنَ ٱلْمُصْلِحِ ۚ وَلَوْ شَآءَ ٱللَّهُ لَأَعْنَتَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Artinya:

"Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: "Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana,".

Bagi mereka yang menafikan atau bahkan menghardik anak yatim, Allah SWT menyatakan bahwa mereka termasuk golongan pendusta agama. Hal ini ditegaskan dalam Surah Al-Ma'un ayat 1 hingga 3, yang menegaskan hal tersebut.

أَرَءَيْتَ ٱلَّذِى يُكَذِّبُ بِٱلدِّينِ (1) فَذَٰلِكَ ٱلَّذِى يَدُعُّ ٱلْيَتِيمَ (2) وَلَا يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ ٱلْمِسْكِينِ (3)

Artinya:

"Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? (1), Itulah orang yang menghardik anak yatim (2) dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin (3)" (QS. Al Ma'un: 1-3),".

BACA JUGA:Lakukan Perbuatan-perbuatan Sederhana Berikut, Mbah Moen: Rezeki Lancar dan Uang Mengalir Mulus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: