Jangan Sampai Telat Ganti Oli Motor, Jika Tidak Mau Hal Ini Terjadi!

Jangan Sampai Telat Ganti Oli Motor, Jika Tidak Mau Hal Ini Terjadi!

Perawatan terhadap oli Motor sering kali diabaikan oleh para pengguna kendaraan bermotor-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Oli merupakan salah satu aspek terpenting motor. Perawatan terhadap oli motor sering kali diabaikan oleh para pengguna kendaraan bermotor. 

Pemeliharaan terhadap oli bisa dilakukan dengan mengganti oli secara teratur agar mesin motor selalu terlindungi dan performanya selalu dalam kondisi prima. Sayangnya, langkah ini sering diabaikan pemilik kendaraan.  

Oli memiliki masa waktu pengurangan fungsi dan kinerja. Seiring berjalannya waktu, oli di dalam ruang mesin akan terkontaminasi oleh partikel debu, kotoran, dan zat-zat kimia yang dihasilkan ketika mesin bekerja. 

BACA JUGA:Banyak yang Mengeluh Mobil Matik Lemot, Lakukan Ini Biar Akselerasi Naik

Hal inilah yang menyebabkan kemampuan pelumasan oli berkurang dan bisa mengakibatkan gesekan berlebih pada komponen mesin. 

Bagi sebagian orang yang memahami tentang penggunaan motor tentu sering melakukan penggantian oli secara berkala. 

Pada dasarnya, durasi penggantian oli motor didasarkan pada jarak tempuh. Mayoritas produsen kendaraan bermotor menyarankan penggantian oli setiap 3–6 bulan atau setiap 4000–5000 kilometer, tergantung pada kondisi penggunaan dan jenis oli yang digunakan.

BACA JUGA:Motor Listrik TVS iQube Bakal Masuk Indonesia? Cek Perkiraan Harganya

Ada beberapa ciri-ciri jika oli sudah tidak berfungsi dengan baik, salah satunya motor mengeluarkan asap knalpot yang menyengat. Nah jika sudah begitu tentu sebagai pengguna motor yang baik kamu harus mengganti oli motor tersebut. 

Jika tidak, nantinya akan menimbulkan efek buruk karena sering mengabaikan ganti motor atau telat ganti motor. Bicara mengenai efek kira-kira apa saja ya efek jika telat mengganti oli motor. Penasarankan? Yuk simak ulasan berikut sampai habis agar tahu efek yang didapatkan saat telat ganti oli motor.

Dilansir dari salah satu website resmi perusahaan motor di Indonesia yakni astra-honda.com. Berikut adalah beberapa efek yang bisa terjadi jika sering telat mengganti oli motor: 

BACA JUGA:Motor Listrik Polytron Fox S Ini Mirip Yamaha NMax, Harga Cuma Rp 9 Jutaan

1. Penurunan kinerja mesin

Oli yang sudah terkontaminasi tidak mampu memberikan pelumasan optimal pada komponen mesin. Akibatnya, gesekan diantara komponen-komponen tersebut meningkat, menyebabkan penurunan kinerja mesin secara keseluruhan. Pengendara mungkin akan merasakan penurunan akselerasi, daya tarik, dan responsivitas mesin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: