Intip Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang, Mana Paling Populer ?

Intip Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang, Mana Paling Populer ?

Nasi Kapau khas Daerah Kapau di Sumatera Utara -Akun Insatagram @seleramakan -

Keunikan Nasi Kapau terletak ketika penjual mengambil lauk pauk pendamping nasinya karena jauh dari jangkauan penjual, mereka menggunakan sendok gulai dari tempurung kelapa dan bertangkai panjang untuk menyendokkan gulai ke piring makan.

Sebelum nasi padang dikenal luas, ternyata nasi kapau sudah lebih dulu menjadi primadona dari Sumatra Barat. Tidak heran jika banyak yang menyebut nasi kapau adalah racikan asli atau racikan awal dari nasi padang.

Jika dinilai dari segi rasa, terdapat perbedaan antara Nasi Kapau dan Nasi Padang, gulai pada nasi kapau memiliki cita rasa sedikit lebih asam. Terlebih penggunaan sayur seperti kol, nangka, dan kacang panjang juga membuat nasi kapau menjadi lebih unik.

BACA JUGA:Mengenal Kue Lepek Binti Warisan Budaya Bengkulu, Paduan Ketan dan Gula Merah yang Menggugah Selera

Sedangkan jenis nasi yang digunakan yakni nasi perak (nasi yang tidak terlalu basah) menjadi persamaan Nasi Padang dan Nasi Kapau.

Nah, segi penyajian jika nasi padang disajikan dengan cara dihidangkan oleh penjual di meja para pembeli, maka nasi kapau memiliki cara yang berbeda. 

Karena pembeli yang menghampiri penjual untuk memesan makanan tersebut dan memilih langsung lauk pauk yang mereka inginkan. Sementara penjualnya akan langsung menyajikannya di atas piring, sesuai dengan permintaan dari pembeli.

BACA JUGA:Mencoba Aunu Senebre, Makanan Tradisional yang Hanya Dapat Ditemukan di Papua

Berbeda dengan nasi padang, gulai pada nasi kapau memiliki cita rasa sedikit lebih asam. Hingga saat ini, Nasi Kapau dan Nasi Padang merupakan dua hidangan yang paling dicintai oleh masyarakat Indonesia, berkat rasanya yang lezat, kuat dan kaya akan bumbu rempah autentik khas Tanah Minang.

Jadi, berkunjung ke Sumatera Barat jangan lewatkan hidangan kuliner yang satu ini. Dengan mencobanya kamu akan mengetahui bagaimana selera lidah orang-orang Tanah Minang yang kaya akan bumbu dan rempah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: