Mengenal Lempuk Durian, Oleh-oleh Khas Bengkulu yang Terbuat dari Durian Asli

Mengenal Lempuk Durian, Oleh-oleh Khas Bengkulu yang Terbuat dari Durian Asli

Lempuk Durian, Oleh-oleh Khas Bengkulu Yang Terbuat Dari Durian Asli -Akun Insatagram @syarahcakebakery_kampungbali-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika kamu berkunjung ke Bengkulu tentu oleh-oleh akan menjadi incaran selepas menghabiskan waktu liburan di Provinsi yang dikenal dengan bunga raksasanya yakni Rafflesia Arnoldi.

Ada berbagai oleh-oleh yang dapat dijadikan buah tangan untuk keluarga tercinta. Salah satu oleh-oleh yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Lempuk Durian

Lempuk Durian populer sebagai jajanan khas dari beberapa daerah di Indonesia, terutama di Sumatra seperti Bengkulu, Jambi, Bengkalis, Pekanbaru, Palembang, Bangka Belitung, Lampung, serta Kalimantan.

Sesuai dengan namanya Lempuk Durian terbuat dari buah Durian yang dibuat menyerupai dodol. Lempuk Durian memilik rasa yang sangat enak, selain itu, Lempuk Durian juga mempunyai aroma yang khas.

Lempuk Durian memiliki rasa yang manis legit sedikit gurih dengan tekstur yang kenyal. Jika dilihat Lempuk Durian memiliki warna yang pekat sangat mirip dengan dodol, hanya saja Lempuk Durian dapat dibedakan lewat aromanya yang wangi menyengat. 

BACA JUGA:Mencicipi Gulai Terjun yang Terbuat dengan Campuran Umbut Kelapa Khas Jambi

Di Bengkulu sendiri Lempuk Durian terbuat dari 100% daging buah Durian segar yang berkualitas di campur dengan gula, gandum, garam kemudian di masak hingga berjam-jam lamanya. Nah, Mungkin kamu sebagian wisatawan luar Bengkulu yang kebetulan tidak menyukai memakan buah Durian secara langsung, kamu dapat menikmatinya ketika buah Durian telah diolah menjadi Lempuk Durian.

Rasa buah durian yang asli yang dibuat menjadi Lempuk Durian memang tidak terlalu memiliki aroma yang menyengat seperti durian asli. Sehingga kamu bisa merasakan cita rasa durian yang berbeda jika mencoba kuliner khas bengkulu yang satu ini. Dijamin kamu akan ketagihan ketika sudah mencoba makanan yang satu ini. 

Bengkulu memang memiliki potensi buah Durian yang sangat banyak terlebih ketika musim Durian tiba, Sehingga masyarakat Bengkulu berinisiatif mengolah buah Durian menjadi makanan tahan lama dan menjadi makanan yang sangat khas serta dapat dinikmati menjadi cemilan. 

Pembuatan Lempuk Durian hampir sama seperti pembuatan dodol. Bahan-Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan lempuk, seperti durian, gula, dan garam secukupnya. Nah, untuk buah durian hanya diambil dagingnya saja. 

BACA JUGA:Roasted and Bear, Kafe dengan Konsep Beruang Lucu dan Sajian Kuliner Lezat di Yogyakarta

Gula yang biasa digunakan adalah gula merah atau gula pasir, gula disini berfungsi sebagai pengawet alami. Tak heran jika lempuk bisa bertahan lama karena gula pada pembuatan lempuk merupakan pengawet alami yang memiliki sifat higroskopis atau menyerap air sehingga sel-sel bakteri akan dehidrasi dan akhirnya mati. 

Penggunaan gula dilakukan sesuai kebutuhan, karena kadang lempuk hanya didominasi oleh bahan daging durian. Selanjutnya bahan tersebut dicampur menjadi adonan dan dimasukkan ke dalam kuali di atas api sedang. adonan diaduk hingga menjadi empuk mengental. 

Untuk menghasilkan Lempuk Durian yang lezat dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Ketika sudah masak, selain kenyal tanda lain nya adalah adonan tidak lengket di tangan, adonan Lempuk Durian didinginkan dengan mematikan api. Kemudian dilanjutkan dengan proses pengemasan menggunakan kemasan plastik dengan berbagai bentuk dan ukuran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: