Mencicipi Gulai Terjun yang Terbuat dengan Campuran Umbut Kelapa Khas Jambi

Mencicipi Gulai Terjun yang Terbuat dengan Campuran Umbut Kelapa Khas Jambi

Gulai Terjun Yang Terbuat Dengan Campuran Umbut Kelapa Khas Jambi -Akun Insatagram @harum_kitchen2021-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Jambi kamu tidak mencoba makanan tradsionalnya yang khas. Salah satu kuliner khas Jambi yang paling fenomenal adalah Gulai Terjun bahkan hidangan yang satu ini dipilih untuk mengikuti festival kuliner pada tahun 2022. 

Tak heran jika Gulai Terjun menjadi makanan yang paling populer di Jambi khusunya Kabupaten Soralangun yang merupakan asal kuliner ini tercipta.

Penamaan Gulai Terjun sendiri karena proses memasaknya yang memasukan bahan dan bumbu secara bersamaan sehingga seperti sesuatu yang terjun bebas. 

Gulai ini menggunakan kuah santan dan banyak rempah, sehingga rasanya gurih dan segar. Di daerah asalnya, Gulai Terjun kerap disajikan saat acara adat istiadat, pernikahan, kenduri dan acara besar lainnya. Menu satu ini memang dianggap mewah, sehingga hanya disajikan pada momen tertentu saja.

Meski begitu, peminat Gulai Terjun sangat banyak, terkadang masyarakat juga sering menyantapnya sebagai sajian rumahan. Tapi, untuk di rumah makan atau restoran bisa dikatakan belum banyak yang menyajikannya. Selain menggunakan daging atau ikan, keunikan dari Gulai Terjun terletak pada bahan tambahannya, yakni umbut kelapa.

BACA JUGA:Mampir ke Bon Garden Cafe di Palembang, Mencicipi Kuliner Kekinian yang Bikin Ketagihan

Bagi sebagian orang mungkin kuliner ini masih terdengar aneh dengan campuran umbut kelapa sebagai campuran. Tetapi dengan adanya umbut kelapa ini,  malah membuat cita rasa masakan itu menjadi lebih khas dan manis. Daging yang akan diolah untuk Gulai Terjun biasanya dipotong kecil-kecil atau dicincang agar teksturnya lembut dan bumbu meresap hingga ke dalam serat.

Nah, Cara membuat Gulai Terjun termasuk mudah karena menggunakan rempah-rempah khas Indonesia yang dihaluskan, seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih, adas manis, biji pala, kunyit, jahe, lengkuas, serai, asam kandis, santan cair, kelapa parut sangrai dan tentunya daging dan ikan sebagai bahan utama.

Masak daging atau ikan yang sudah dipotong ke dalam panci, lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan beserta santan cair. Jika selera, boleh ditambahkan bahan lain, seperti umbut kelapa atau kentang. Jangan lupa menambahkan air, sehingga santan menjadi lebih cair dan membuat daging lebih empuk. Lalu, tambahkan kelapa sangrai halus dan potongan cabai hijau. Kemudian, dapat diberi penyedap rasa sesuai selera, sehingga menambah rasa gurih masakan.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Kuah Beulagong yang Sudah Ada Sejak Tahun 60-an

Keunikan dalam memasak Gulai Terjun adalah dengan tidak menggunakan minyak goreng untuk menumis bumbunya karena bumbu yang sudah digiling halus itu langsung dimasukkan ke panci bersama daging, ikan, dan santan. Tapi, beberapa orang ada yang melumuri daging terlebih dahulu dengan bumbu baru mencampurkannya bersama santan yang dididihkan agar rasa rempahnya lebih meresap ke masakan.

Gulai Terjun biasanya disajikan bersama nasi putih ditambah dengan sambal mentah khas Jambi yang akan membuat saiapapun yang mencobanya ketagihan. Gulai Terjun bisa jadi refrensi pilihan wisata kuliner saat berkunjung ke Jambi.(**) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: