Begini Cara Menjual Uang Kuno ke Bank

Begini Cara Menjual Uang Kuno ke Bank

Cara Menjual Uang Kuno-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Cara menjual uang kuno menjadi informasi yang seringkali dibutuhkan oleh banyak orang. Sebagai informasi, uang kuno bisa kamu jual ke Bank Indonesia (BI).

Meski Bank Indonesia menyediakan layanan penjualan uang kuno, namun uang kuno yang dapat dijual hanya uang edaran tahun tertentu, bukan uang kuno dari zaman kolonial.

Bank Indonesia pada 2018 mengumumkan, masyarakat dapat menjual uang kuno keluaran 1998-1999 dengan uang edaran terbaru. Penukarannya pun gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun 2018

BACA JUGA:Uang Kuno Zaman Belanda ini Dinilai Seharga Motor Matic Baru

BACA JUGA:Ini Dia Uang Kuno Seharga Ratusan Juta dan Cara Mudah Menjualnya

Untuk mengetahui cara jual uang kuno ke Bank Indonesia, simak tutorial lengkapnya dalam uraian artikel Berita Bisnis di bawah ini :

1. Mengetahui Jenis Uang Kuno

Sebelum melakukan penjualan, penting untuk mengetahui jenis uang kuno yang diterima oleh Bank Indonesia. Biasanya, Bank Indonesia menerima uang kertas dan uang logam yang sudah tidak beredar lagi atau sudah menjadi uang kuno. Pastikan uang kuno yang Anda miliki termasuk dalam kategori yang diterima oleh bank.

2. Identifikasi Nilai Uang Kuno

Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi nilai uang kuno yang dimiliki. Uang kuno memiliki nilai yang bervariasi tergantung pada tahun cetakan, kondisi, dan kelangkaannya.

Penjual dapat mengonsultasikan dengan ahli numismatik atau melakukan penelitian sendiri untuk mengetahui nilai uang kuno yang dimiliki.

BACA JUGA:Tak Perlu Bingung Jual Uang Kuno, Cek Ini Alamat dan Nomor HP Kolektor yang Bisa Dihubungi

BACA JUGA:Cek Fakta Uang Kuno di Indonesia, Benarkah Berlapis Emas?

3. Menyusun dan Membersihkan Uang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: