Cek Fakta Uang Kuno di Indonesia, Benarkah Berlapis Emas?

Cek Fakta Uang Kuno di Indonesia, Benarkah Berlapis Emas?

ilustrasi uang kuno indonesia--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Uang kuno adalah jenis uang yang masa peredarannya sudah tidak berlaku dan tidak dapat digunakan lagi untuk bertransaksi di zaman sekarang.

Akan tetapi, uang kuno memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak orang yang mengoleksi. Lalu bagaimana fakta uang koin kuno di Indonesia? Simak penelusuran di bawah ini:

BACA JUGA:Tarif Token Listrik Terbaru 2023, Beli Rp 50 Ribu Dapat Segini

1. Nominal yang tinggi

Ada salah satu pecahan koin kuno Indonesia yang nominalnya sangat tinggi, yaitu pecahan Rp850.000. Koin ini merupakan koin khusus yang diterbitkan oleh Bank Indonesia (BI) pada tahun 1995 dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-50 tahun. Yang membuatnya lebih unik adalah terdapat gambar Presiden kedua RI, Soeharto pada uang koin ini. 

BACA JUGA:Cek Link Dana Kaget, Kesempatan Klaim Dana Kaget Rp 100 Ribu!

2. Terbuat dari emas

Uang koin kuno pecahan Rp850.000 gambar Soeharto terbuat dari emas kuning dengan kadar 23 karat dan diameter 35 mm dengan ketebalan 2,78 mm. Koin kuno ini dibuat dengan teknik cetak proof. Karena sangat langka, banyak kolektor yang berani memberi harga tinggi jika menemukan koin kuno ini. Di e-commerce, uang koin ini dihargai Rp85 juta.

BACA JUGA:4 Bansos ini Cair April 2023, Cek Daftar Penerimanya di sini

3. Harga fantastis

Banyak dari koin kuno di Indonesia yang dijual dengan harga tinggi. Bahkan ada yang mencapai Rp100 juta untuk satu keping koin. Hal ini karena koin itu sangat langka diperedaran dan sulit untuk ditemukan. Salah satu koin kuno Indonesia yang dijual dengan harga sangat tinggi adalah koin pecahan Rp100 dengan desain gambar wayang dan rumah gadang yang diterbitkan pada 1978. Koin ini dijual seharga Rp100 juta per keping di pasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: