Menjaga dan Melestarikan Penyu di Pantai Nipah, Kawasan Ekosistem Esensial Penyu

Menjaga dan Melestarikan Penyu di Pantai Nipah, Kawasan Ekosistem Esensial Penyu

Keindahna Pantai Nipah -Akun Insatagram @dolankemari -

Luas Kawasan konservasi KEEP ini cukup luas, yaitu sebesar sebesar 32,5 hektare. Terdapat kolam berpasir alami (pasir pantai, red) dengan kedalaman 30 sentimeter dan diameter 35 sentimeter, untuk menetaskan telur-terlur penyu. 

Ada pula tempat pembesaran penyu, agar bayi-bayi penyu yang baru keluar dari telur, bisa dibesarkan hingga cukup usia sebelum dilepasliarkan di lautan. Komunitas Turtle Conversation Community terus berkerja sama dengan pemerintah dan masyarakat dusun untuk terus memantau penyu yang akan bertelur di Kawasan pantai Nipah dan menjaga lokasi KEEP dari sampah-sampah yang dapat mencemar biota laut.


Kawasan Ekosistem Esensial Penyu di Pantai Nipah -Akun Insatagram @donnydion-

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Nipah bisa mendapatkan informasi dan edukasi wisata penyu. TCC juga menerima donasi dari pengunjung yang digunakan untuk keberlangsungan konservasi.

Menariknya di sini kamu juga bisa ikut andil dalam restorasi karang yang dilakukan oleh TCC di Pantai Nipah. Silakan berkomunikasi langsung dengan pengurus KEEP untuk informasi lebih lanjut.

Untuk fasilitas, Pantai Nipah sendiri sudah menyediakan fasilitas yang lengkap untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Berbagai fasilitas bisa kamu gunakan seperti,  toilet, mushola, berugak (gazebo), ruang ganti, dan parkiran yang luas.

BACA JUGA:Pantai Base G, Markas Sekutu Jepang Pada Perang Dunia ke 2 di Papua

Bagi kalian yang ingin mencoba watersport, di pantai ini sudah tersedia jasa penyewaan kebutuhan untuk olah raga air yang kalian inginkan. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba snorkling atau diving dan menikmati keindahan bawah laut di Pantai Nipah, kamu bisa menyewa peralatan di tempat penyewaan. 

Untuk masuk ke Pantai Nipah kamu hanya perlu membayar biaya untuk parkir kendaraan. Untuk kendaraan roda dua hanya RP 5.000 dan roda empat hanya Rp 10.000. Nah, jadi tunggu apalagi, bagi kamu yang berada di Lombok atau ingin berkunjung ke Lombok kamu bisa menjadikan Pantai Nipah sebagai referensi untuk mngisi liburanmu bersama keluarga dan teman-teman.(**) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: